Laila Nadzifatus, Syarifah (2024) KONSEP PENDIDIKAN ANAK PERSPEKTIF AHMAD YASIN ASYMUNI 1963-2021. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Laila_Nadzifatus_Syarifah_Konsep_Pendidikan_Anak_Perspektif_Ahmad (1).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Anak merupakan subjek sekaligus objek di dalam pendidikan dan menjadi generasi penerus dalam membangun sebuah peradaban bangsa di masa yang akan datang. Namun melihat realitas yang terjadi di lapangan, kemerosotan akhlak terjadi pada usia anak-anak. Melihat fenomena tersebut, khususnya terkait kemerosotan akhlak atau attitude yang terjadi di lingkungan tempat tinggal seperti kenakalan yang dilakukan oleh anak, anak kurang bersemangat dalam melakukan aktivitas (malas-malasan), rendahnya tingkat kejujuran pada anak, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, lingkungan keluarga khususnya orang tua menjadi sangat penting di dalam memberikan pendidikan kepada anak sejak dini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan konsep pendidikan anak perspektif Ahmad Yasin Asymuni dan merelevansikan dengan Pendidikan Agama Islam saat ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis atau metode sejarah (historical method) yang merujuk pada pemikiran Kuntowijoyo, sedangkan jenis penelitian adalah penelitian kepustakaan. Sumber data primer berupa kitab Tarbiyatul Walad karya Ahmad Yasin Asymuni dan sumber sekunder berupa referensi yang berhubungan dengan fokus penelitian. Pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan analisis isi (content analysis). Adapun hasil penelitian ini yaitu konsep pendidikan anak perspektif Ahmad Yasin Asymuni mencakup berbagai pembahasan yaitu, hakikat pendidikan, fase perkembangan anak, tujuan pendidikan anak, hakikat pendidikan keluarga, materi pendidikan anak, serta relevansinya dengan pendidikan agama Islam saat ini. Ahmad Yasin Asymuni memandang makna pendidikan anak adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Dalam pendidikan anak peran keluarga, khususnya orang tua sangat besar sehingga keberhasilan seorang anak baik secara moral maupun intelektual sangat bergantung pada bagaimana didikan dari kedua orang tuanya. Adapun konsep pendidikan menurut Ahmad Yasin Asymuni memiliki relevansi dengan pendidikan agama Islam saat ini ditinjau dari berbagai aspek-aspek yang ada. Kata Kunci: Konsep Pendidikan Anak, Ahmad Yasin Asymuni
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Pendidikan Anak, Ahmad Yasin Asymuni |
Subjects: | 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Laila Nadzifatus Syarifah sdri |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 06:34 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 06:34 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22938 |
Actions (login required)
View Item |