Implementasi Boarding School dalam Pembentukan Karakter Siswa di MIN 1 Banyumas Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas

Ade, Novalita (2024) Implementasi Boarding School dalam Pembentukan Karakter Siswa di MIN 1 Banyumas Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, UIN PROF KIAI HAJI SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Skripsi fiks_Ade Novalita 1917405002.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses yang paling penting bagi kehidupan manusia. Salah satu penyebab terjadinya kemerosotan moral adalah kurangnya asupan pendidikan karakter yang didapatkan oleh anak. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis terkait implementasi program Boarding school dalam pembentukan karakter siswa MIN 1 Banyumas kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas khususnya kelas VI. Penelitian ini dilakukan dengan cara penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan datanya dengan cara metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analis data menggunakan Robert K. Yin metode penelitian studi kasus merupakan strategi yang tepat untuk digunakan pokok „pertanyaan penelitian how atau why, sedikit waktu yang dimiliki peneliti untuk mengontrol peristiwa yang diteliti, dan fokus penelitiannya adalah fenomena kontemporer. Pada metode studi kasus, peneliti fokus pada desain dan pelaksanaan penelitian., yakni menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa penerapan program Boarding school dalam pembentukan karakter peserta didik di MIN 1 Banyumas dilakukan dengan kegiatan-kegiatan yang ada di asrama dengan menerapkan beberapa nilai karakter antara lain: Religius, Mandiri, Disiplin, Jujur, Bersahabat atau Komunikatif, dan Bertanggungjawab hal tersebut menunjang keberhasilan pembentukan akhlak di Insan Cendekia Boarding school.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Boarding school, Pembentukan Karakter, MIN 1 Banyumas
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ade Novalita sdri
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:06
Last Modified: 22 Jan 2024 04:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22933

Actions (login required)

View Item View Item