Maflahah, Maflahah (2024) POLA PERENCANAAN KURIKULUM DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN DARUL ABROR PURWOKERTO UTARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Maflahah_Pola Perencanaan Kurikulum di Taman Pendidikan Al-Qur'an Darul Abror Purwokerto Utara.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Pola perencanaan kurikulum adalah sebuah model yang digunakan oleh para perencana mengambil bagian pada berbagai level pembuat keputusan mengenai tujuan pembelajaran yang seharusnya, bagaimana langkah dalam membuat tujuan untuk direalisasikan melalui proses belajar-mengajar, dan tujuan tersebut tepat dan efektif. Peneliti melaksanakan penelitian pada taman pendidikan Al-Qur’an yang bertujuan ingin mendeskripsikan pola perencanan kurikulum apa yang digunakan dalam penentuan kurikulum yang tepat dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman tentang kenyataan melalui proses berfikir induktif. Data dapat diperoleh dengan observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Data diolah dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lalu dilanjutkan dengan menguji keabsahan data dengan triangulasi teknik. Penelitian ini menghasilkan deskripsi sebagai berikut, pola perencanaan kurikulum yang yang digunakan ialah pola administratif yaitu perencanaan yang ditetapkan oleh atasan lalu dijalankan oleh bawahannya yaitu pada perumusan tujuan, perumusan konten/isi, aktivitas belajar, sumber belajar dan evaluasi. Kata Kunci: Kurikulum, Pola Perencanaan, Taman Pendidikan Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, Pola Perencanaan, Taman Pendidikan Al-Qur'an |
Subjects: | 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Maflahah Maflahah |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 04:10 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 04:10 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22932 |
Actions (login required)
View Item |