PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 TONJONG KABUPATEN BREBES

Waskita, Ahmad Nuron (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 TONJONG KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Waskita Ahmad Nuron_Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Tonjong Kabupaten Brebes.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tonjong Kabupaten Brebes. Kemampuan koneksi matematis adalah kemampuan yang dimiliki siswa dalam menghubungkan antar konsep matematika, menghubungkan konsep matematika dengan disiplin ilmu lain ataupun dengan dunia nyata. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan koneksi matematis siswa adalah model pembelajaran yang digunakan. Peneliti memilih untuk menggunakan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dan desain penelitian yaitu pretest-posttest control grup design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 16 kelas. Sampel dari penelitian ini adalah kelas XI TITL 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 33 siswa dan kelas XI TITL 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji N-Gain dan uji t sampel independen dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Tonjong Kabupaten Brebes. N-Gain kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0.63 yang masuk dalam kategori sedang dan N-Gain kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai N-Gain sebesar 0.52 yang masuk dalam kategori sedang. Dengan demikian, peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Koneksi Matematis, Kontekstual, Pembelajaran Kontekstual, Pengaruh, SMK Negeri 1 Tonjong
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Waskita Ahmad Nuron sdr
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:09
Last Modified: 22 Jan 2024 04:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22927

Actions (login required)

View Item View Item