Waskita, Ahmad Nuron (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 TONJONG KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Waskita Ahmad Nuron_Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Tonjong Kabupaten Brebes.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tonjong Kabupaten Brebes. Kemampuan koneksi matematis adalah kemampuan yang dimiliki siswa dalam menghubungkan antar konsep matematika, menghubungkan konsep matematika dengan disiplin ilmu lain ataupun dengan dunia nyata. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan koneksi matematis siswa adalah model pembelajaran yang digunakan. Peneliti memilih untuk menggunakan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dan desain penelitian yaitu pretest-posttest control grup design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 16 kelas. Sampel dari penelitian ini adalah kelas XI TITL 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 33 siswa dan kelas XI TITL 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji N-Gain dan uji t sampel independen dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Tonjong Kabupaten Brebes. N-Gain kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0.63 yang masuk dalam kategori sedang dan N-Gain kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai N-Gain sebesar 0.52 yang masuk dalam kategori sedang. Dengan demikian, peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Koneksi Matematis, Kontekstual, Pembelajaran Kontekstual, Pengaruh, SMK Negeri 1 Tonjong |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Waskita Ahmad Nuron sdr |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 04:09 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 04:09 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22927 |
Actions (login required)
View Item |