STRATEGI COPING STRESS SANTRI SEPUH PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL ‘ULUUM BALONG DESA KARANGSALAM KIDUL KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

M Fajrul, Falah (2024) STRATEGI COPING STRESS SANTRI SEPUH PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL ‘ULUUM BALONG DESA KARANGSALAM KIDUL KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Fajrul Falah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Stress tidak dapat dihindari karena stress bagian dari kehidupan, strategi coping merupakan cara seseorang untuk mengatasi stress. masalah yang sering dihadapi santri sepuh seringkali menimbulkan masalah yang mengakibatkan stress. Pada penelitian mengenai strategi coping stress ini penulis memiliki tujuan untuk memperoleh gambaran mengenai stress dan coping stress santri sepuh Pondok Pesantren Roudlotul ‘Uluum Balong. Adapun tujuan yang penulis buat pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi coping stress yang dilakukan santri sepuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek yang diteliti pada penelitian ini ialah santri sepuh Pondok Pesantren Roudlotul ‘Uluum Balong Purwokerto yang sudah dibuktikan menggunakan metode pengumpula data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. maka dapat disimpulkan bahwa sumber stress bagi santri sepuh ada 3, yaitu interpersonal berupa tuntutan dari orang tua, tekanan dari orang tua, dan lingkungan pertemanan. Dalam menghadapi setiap permasalahan yang ada, ketiga informan ini memiliki strategi coping yang jika disimpulkan terdapat 3 poin, yaitu pertama healing (menanangkan diri) kedua mencari dukungan orang lain berupa curhat ke teman dekat, dan yang ketiga mendekatkan diri dengan Tuhan seperti curhat dan pasrah kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stress, Coping Stress, Santri Sepuh
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Fajru Falah sdr
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:41
Last Modified: 22 Jan 2024 01:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22907

Actions (login required)

View Item View Item