STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA JASA RENTAL MOBIL RTHR33 DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KONSUMEN DI PURWOKERTO

Dzaki Alif, Aziz (2024) STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA JASA RENTAL MOBIL RTHR33 DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KONSUMEN DI PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dzaki Alif Aziz_STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA JASA RENTAL MOBIL RTHR33 DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KONSUMEN DI PURWOKERTO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Transportasi merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat, karena adanya aktivitas ekonomi, sosial, dan aktivitas yang di perlukan secara cepat. Salah satu transportasi yang siap digunakan kapan dan di mana pun adalah rental mobil, rental mobil adalah penyedia transportasi yang dapat membantu penduduk setempat yang membutuhkan layanan penyewaan mobil untuk berbagai keperluan pribadi atau umum. Rental mobil RTHR33 memberikan solusi sebagai penyedia rental mobil. Strategi digital marketing sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas pelayanan konsumen, oleh karena itu, dengan adanya strategi digital marketing dapat menunjang tingkat berkembangnya pelayanan pada rental mobil RTHR33. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pelayanan konsumen melalui pemanfaatan digital marketing seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan Tiktok. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara secara mendalam terhadap pemilik dan karyawan rental mobil RTHR33 yaitu Bapak Rozzi syahputra kamal dan Bapak Malik Fajar Ramadhan serta enam pelanggan setia rental mobil RTHR33. Selain itu peneliti juga melakukan observasi dan pengumpulan data dan dokumen seperti jenis dan harga mobil, data rekapan pelanggan, syarat dan ketentuan sewa, prosedur penyewaan, strategi marketing yang digunakan, serta pelayanan yang ditawarkan oleh rental mobil RTHR33 dengan tujuan untuk menganalisis serta mendapatkan informasi bagiamana pemasaran digital marketing dapat meningkatkan pelayanan konsumen. Fokus penelitian ini adalah mengidentifikasi kualitas pelayanan, yaitu: bukti langsung (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), kepedulian/empati (empathy) yang ada di rental mobil RTHR33. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi digital marketing yang diterapkan oleh rental mobil RTHR33 yaitu menggunakan saluran media digital berupa Instagram, Tiktok, dan Facebook melalui saluran tersebut rental mobil RTHR33 membuat kampanye dengan melakukan kegiatan promosi berbayar, sponsor, iklan, pemberian diskon melalui saluran digital. Kemudian untuk meningatkan pelayanan konsumen rental mobil RTHR33 memberikan respon yang cepat dan tepat melalui aplikasi WhatsApp dan telpon seluler, seperti melakukan penjemputan konsumen, merespon kebutuhan konsumen, kendaraan terawat bersih, menjamin keamanan, dan dapat diandal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Digital marketing, Jasa transportasi, Pelayanan.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dzaki Alif Aziz sdr
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:39
Last Modified: 22 Jan 2024 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22902

Actions (login required)

View Item View Item