PERAN PASAR TRADISIONAL DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN PEDAGANG PASAR PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI DESA PURWOSARI BATURRADEN BANYUMAS)

Nuraini, Nuraini (2024) PERAN PASAR TRADISIONAL DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN PEDAGANG PASAR PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI DESA PURWOSARI BATURRADEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nuraini_Peran Pasar Tradisional dalam Peningkatan Perekonomian Pedagang Pasar Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Pasar Cermai Desa Purwosari Baturraden Banyumas).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pasar tradisional memiliki banyak peran baik untuk masyarakat maupun pemerintah. Peran pasar tradisional adalah sebagai wadah untuk melakukan peningkatan kesempatan kerja, peningkatan pendapatan masyarakat hingga penurunan angka kemiskinan. Namun dengan kondisi sarana dan prasarana pasar Cermai yang belum maksimal apakah akan berdampak dalam peningkatan pendapatan pedagang pasar. Hal demikianlah yang menjadikan penelitian ini membidik terkait peran pasar tradisional dalam peningkatan pendapatan pedagang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan menjelaskan bagaimana peran pasar Cermai dalam meningkatkan perekonomian pedagang pasar, serta untuk mengetahui peran pasar perspektif ekonomi Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data mulai dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan dengan mendatangi langsung pasar Cermai untuk mengamati kondisi pasar Cermai. Kemudian dilakukan wawancara dengan pihak terkait yaitu kepala desa, pelaku pasar, dan pembeli. Selanjutnya dokumentasi yaitu data data yang berkaitan dengan pasar Cermai. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sarana dan prasarana pasar Cermai yang belum maksimal memperngaruhi minat pengunjung pasar Cermai. Pasar Cermai berperan dalam meningkatkan perekonomian pedagang, adapun peran Pasar Cermai yang pertama, sebagai tempat jual beli yang meliputi produksi barang dan jasa, pendistribusian barang dan jasa, pembentukan harga, serta sebagai tempat promosi.. Kedua, sebagai tempat mendatangkan lapangan pekerjaan. Ketiga, sebagai tempat menambah kesejahteraan pedagang. Dalam perspektif Islam peran pasar dalam meningkatkan pendapatan yang dilakukan oleh pedagang di pasar Cermai adalah dengan memperhatikan kehalalan produk, mempromosikan produk dengan cara yang baik, namun belum adanya pengawasan untuk menghindari penimbunan barang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Pasar Tradisional, Peningkatan perekonomian Pedagang
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nuraini Nuraini sdri
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:33
Last Modified: 22 Jan 2024 01:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22900

Actions (login required)

View Item View Item