UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS II MI MUHAMMADIYAH TEGALPINGEN KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA

Rini, Nur Hayati (2024) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS II MI MUHAMMADIYAH TEGALPINGEN KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rini Nur Hayati_ Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Menulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Kelas II MI Muhammadiyah Tegalpingen Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian skripsi ini di latarbelakangi oleh masalah kesulitan menulis bahasa arab yang dialami sebagian siswa yaitu belum hafal huruf hijaiyah, belum mampu menyambung huruf hijaiyah secara baik dan benar. Serta strategi pembelajaran upaya guru untuk mengatasi kesulitan menulis pada mata pelajaran Bahasa Arab di kelas II. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikani bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan menulis Arab pada siswa kelas II MI Muhammadiyah Tegalpingen. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru kelas II bervariasi seperti strategi kooperative, strategi pembelajaran mufrodat , strategi ekspositori dan memfokuskan pembelajaran dengan teknik pembiasaan, pengulangan, peniruan, penguatan. Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran, seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan. Guru menggunakan berbagai macam strategi, teknik dan metode memiliki dampak yang baik untuk melatih keterampilan menulis dan meningkatkan hasil belajar siswa di MI Muhammadiyah Tegalpingen Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Menulis, Pembelajaran Bahasa Arab, Upaya Guru
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rini Nur Hayati sdri
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:32
Last Modified: 22 Jan 2024 01:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22899

Actions (login required)

View Item View Item