Strategi Pembelajaran Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder di PAUD PUTRA HARAPAN PURWOKERTO BARAT

Wahyuningsih, Wahyuningsih (2024) Strategi Pembelajaran Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder di PAUD PUTRA HARAPAN PURWOKERTO BARAT. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Wahyuningsih_Strategi pembelajaran anak attention Deficit Hyperactivity disorder di PAUD PUTRA HARAPAN PURWOKERTO BARAT.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Abstrak : Anak dengan gangguan ADHD merupakan anak yang memiliki kelainan pada perilaku, anak cenderung sangat aktif dibandingkan dengan anak normal lainnya ketika dalam pembelajaran, anak sering sekali sibuk dengan dirinya sendiri, dalam pembelajaran anak sulit untuk berkonsentrasi. Bahkan anak juga sering menganggu temannya yang lain ketika belajar. Maka dari itu guru harus mempunyai strategi pembelajaran sendiri kepada anak ADHD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran apa yang diterapkan oleh guru kepada anak ADHD di PAUD Putra Harapan Purwokerto Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus pada anak ADHD. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data ini dianalisis dengan reduksi data, data display, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa pembelajaran di PAUD Putra Harapan terdapat dua jenis yaitu pembelajaran kelas reguler dan pembelajaran kelas pintar. Strategi pembelajaran yang diterapkan kepada anak ADHD ada dua yaitu strategi berbasis kelas dan strategi berbasis individu. Pada strategi berbasis kelas ini semua kelas sama yaitu tempat duduk anak sesuai dengan keinginan anak, ketika hafalanan anak harus bersuara, dan membuat pembelajaran semenarik mungkin. Strategi berbasis individu diterapkan sesuai kondisi anak, untuk anak gangguan hiperaktifitas, strategi pembelajaran yang diterapkan adalah 1) Strategi pengulangan kata. 2) Strategi penugasan 3) Strategi negosiasi 4) Strategi pemberian reward 5) Strategi Jeda. 6) Strategi rileksasi. Sedangkan Strategi pembelajaran untuk anak yang mengalami gangguan impulsif serta Specdelay yaitu : 1) Melatih kosa kata anak. 2) Memberikan pengawasan dan pendampingan secara intens kepada anak yang mengalami impulsif. Pendekatan yang dilakukan yaitu dengan pendekatan perilaku dan memotivasi, pada pendekatan perilaku ada terapi wicara, terapi bloking dan metode kunci. Kata Kunci : Anak ADHD, Anak Usia Dini, Strategi Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak ADHD, Anak Usia Dini, Strategi Pembelajaran.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyunings Wahyuningsih sdri
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:51
Last Modified: 19 Jan 2024 06:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22879

Actions (login required)

View Item View Item