IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PROGRAM ADIWIYATA DI SMA NEGERI 1 AJIBARANG BANYUMAS

ALFI, NUR KHASANAH (2024) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PROGRAM ADIWIYATA DI SMA NEGERI 1 AJIBARANG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alfi Nur Khasanah_Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Program Adiwiyata di SMA Negeri 1 A jibarang Banyumas.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Perusakan dan ketidak pedulian terhadap lingkungan merupakan masalah yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Mulai dari permasalahan lingkungan lokal seperti masalah pembuangan sampah hingga lingkungan regional seperti polusi industry. Permasalahan lingkungan nasional seperti penangkapan ikan dengan bom hingga permasalahan global seperti global warming. Berbagai kerusakan lingkungan tersebut mendapatkan perhatian dunia pendidikan. Dalam mengatasi masalah tersebut dibuatlah program Adiwiyata. Implementasi nilai-nilai agama Islam melalui program Adiwiyata merupakan upaya penting dalam mempromosikan kesadaran lingkungan yang berakar pada ajaran agama. Program ini menggabungkan prinsip-prinsip berkelanjutan dan tanggung jawab sosial yang tercermin dalam praktik-praktik kebersihan, penghijauan, dan pengelolaan sumber daya alam. Keterlibatan komunitas, lembaga pendidikan, serta otoritas lokal dalam pelaksanaan program ini menjadi kunci utama dalam memastikan kelangsungan nilai-nilai agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Ajibarang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif atau penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Sampel penelitian terdiri dari kepala sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, Ketua Tim Adiwiyata dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan metode yang digunakan tersebut, hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam pada program adiwiyata di SMA Negeri 1 Ajibarang dibagi menjadi tiga yaitu nilai tauhid, ibadah dan akhlak. Implementasi dari nilai tersebut direalisasikan dalam kegiatan yang terdapat pada program Adiwiyata yang didasari oleh 4 komponen dari program Adiwiyata itu sendiri. Empat komponen tersebut adalah kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana dan prasarana pendung ramah lingkungan. Kata kunci: Nilai, Pendidikan Agama Islam, Program Adiwiyata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Nilai, Pendidikan Agama Islam, Program Adiwiyata.
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfi Nur Khasanah sdri
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:29
Last Modified: 23 Jan 2024 07:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22871

Actions (login required)

View Item View Item