EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN MODEL CONTEXT INPUT PROCESS PRODUCT (CIPP) DI SMP RADEN FATAH CIMANGGU KABUPATEN CILACAP

Ikhsan, Mahardhika Abdillah (2024) EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN MODEL CONTEXT INPUT PROCESS PRODUCT (CIPP) DI SMP RADEN FATAH CIMANGGU KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ikhsan Mahardhika Abdillah_Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Model Context Input Process Product Di SMP Raden Fatah Cimanggu Kabupaten Cilacap.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Evaluasi Pembelajaran PAI dengan Model CIPP di SMP Raden Fatah Cimanggu Tahun Pelajaran 2023/2024. Kajian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan evaluasi untuk memberikan catatan lengkap tentang pelaksanaan rencana dan perbandingannya dengan tujuan yang telah direncanakan di awal. Pentingnya Evaluasi Pembelajaran PAI dengan Model CIPP bertujuan untuk meninjau ulang proses pendidikan yang telah dilaksanakan dalam beberapa kurun waktu tertentu serta untuk memahami, menggali, dan mengkoreksi proses pendidikan sehingga mengetahui kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki. Maka dari itu, evaluasi pendidikan sangat dibutuhkan dalam upaya mewujudkan suatu sistem pendidikan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil evaluasi pembelajaran PAI Menggunakan Model CIPP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Dengan subjek penelitian meliputi, kepala sekolah, Guru PAI, Siswa kelas VII A, dan Waka Kurikulum. Metode ini menggunakan metode Miles dan Huberman yang digunakan untuk mengumpulkan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan langkah-langkah Evaluasi Pembelajaran PAI dengan Model CIPP melalui tiga tahap, yaitu tahap perencanaan atau persiapan yang terdiri dari penyusunan RPP,menyiapkan materi,menyiapkan peserta didik untuk fokus dalam belajar dan pemilihan media yang sesuai dengan materi pelajaran. Tahap pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI dengan model CIPP dilakukan dengan menjelaskan materi kepada siswa, mengkondisikan siswa dan guru menanyakan siswa jika ada yang belum paham. Tahapan yang ketiga /penutup yang dilakukan dengan memberikan evaluasi kepada siswa untuk mengukur keberhasilan tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran Hasil evaluasi Pembelajaran PAI dinyatakan baik dan efektif, dikarenakan Sebagian besar siswa mendapatkan nilai diatas KKM menunjukan bahwa segala sesuatu sudah berjalan sesuai dengan harapan dan memberikan hasil yang bermanfaat bagi Siswa SMP Raden Fatah Cimanggu Adapun siswa yang belum mencapai nilai KKM, siswa diberikan kesempatan untuk mengikuti remedial supaya lulus mendapatkan nilai yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran Model CIPP, Pembelajaran Mata Pelajaran PAI.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ikhsan Mahardhika Abdillah sdr
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:24
Last Modified: 19 Jan 2024 06:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22866

Actions (login required)

View Item View Item