IMPLEMENTASI METODE QIRO'AH DI BUSTANUL ATHFAL 'AISYIYAH TAMANSARI KABUPATEN PURBALINGGA

Tiara, Sari Syahila (2024) IMPLEMENTASI METODE QIRO'AH DI BUSTANUL ATHFAL 'AISYIYAH TAMANSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TIARA SARI SYAHILA_SKRIPSI 2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Mempelajari Al-Qur’an merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia, maka pengenalan Al-Qur’an harus ditanamkan sejak dini karena seiring berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi kita harus bisa membentengi peserta didik dari hal-hal yang negatif. Serta harus menanamkan ketaqwaan serta keimanan peserta didik dengan mempelajari Al-Qur’an sejak dini. Metode Qiro’ah merupakan metode pembelajaran Al-Qur’an yang di dalamnya menggunakan media gambar dan cara membacanya wajib menggunakan tuding atau alat tunjuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi metode Qiro’ah di Bustanul Athfal ’Aisyiyah Tamansari Kabupaten Purbalingga. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research), yang mana peneliti akan langsung terjun ke lapangan untuk mengumpulkan data dari objek-objek yang akan diteliti dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dikategorikan pada jenis penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode Qiro’ah di Bustanul Athfal ’Aisyiyah Tamansari Kabupaten Purbalingga dapat dikatakan sudah diterapkan dan berhasil dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari segi penerapannya, yang terdiri dari 3 tahapan: tahap persiapan pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran, tahap evaluasi pembelajaran. Selain itu juga dapat dilihat dari kemampuan peserta didik dalam kelancaran membaca menggunakan metode Qiro’ah. Keberhasilan dalam pengimplementasian metode Qiro’ah ini juga dapat dilihat dari hasil penilaian evaluasi semester 1 sebanyak 85% peserta didik sudah lancar membaca dengan perolehan rata-rata hasil penilaian 3,45 dari 4.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Qiro’ah dan Pembelajaran Al-Qur’an.
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1227 Pendidikan Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.12 Ilmu Qiraat (termasuk macam qiraat dan tajwid)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: TIARA SARI SYAHILA sdri
Date Deposited: 19 Jan 2024 01:57
Last Modified: 19 Jan 2024 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22861

Actions (login required)

View Item View Item