Khaida, Jannatul Abror (2024) PERAN CUSTOMER SERVICE DALAM HANDLING COMPLAINT GUNA MEMPERTAHANKAN NASABAH PADA BSI KCP PURWOKERTO KARANGKOBAR. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
KHAIDA JANNATUL ABROR_PERAN CUSTOMER SERVICE DALAM HANDLING COMPLAINT GUNA MEMPERTAHANKAN NASABAH PADA BSI KCP PURWOKERTO KARANGKOBAR.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Customer service adalah aspek yang sangat penting dalam dunia perbankan. Sebagai institusi keuangan, bank melayani berbagai macam nasabah dengan beragam kebutuhan, mulai dari pengelolaan rekening, pinjaman, dan lainnya. Oleh karena itu, bank harus fokus dalam memberikan pelayanan kepada nasabah. Karena pelayanan yang baik adalah strategi bank untuk mempertahankan nasabahnya. Untuk itu bank berupaya untuk memberikan pelayanan kepada nasabah yaitu melalui handling complaint yang dilakukan oleh customer service. Dalam penelitian ini masalah umum yang dikemukakan adalah bagaimana peran customer service dalam handling complaint guna mempertahankan nasabah. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya menggunakan logika ilmiah secara sistematis, faktual dan akurat. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa customer service memegang peran yang sangat penting. Peran customer service dalam handling complaint yaitu sebagai penyalur informasi masalah dan pelayanan solusi. Untuk mempertahankan nasabah customer service harus melakukan pelayanan yang ramah, melakukan pendekatan, dan benar-benar mencari solusi dan alternatif untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi supaya nasabah merasa nyaman dan puas. Sehingga dapat mempertahankan nasabah baik nasabah baru maupun lama.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Customer Service, Handling Complaint, Mempertahankan Nasabah |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Khaida Jannatul Abror sdri |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 01:40 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 01:40 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22858 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |