ANALISIS KURIKULUM BACA TULIS AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN MAMBA'UL USHULIL HIKMAH KEMBARAN BANYUMAS

Chaeruni, Widi A (2024) ANALISIS KURIKULUM BACA TULIS AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN MAMBA'UL USHULIL HIKMAH KEMBARAN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Chaeruni Widi A.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tujuan, isi, metode, dan penilaian dalam kurikulum baca tulis Al-Qur’an. Jenis penelitian yang peneliti teliti adalah jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan suatu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati. Penelitian kualitatif menggunakan metode pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya tujuan adanya kurikukum baca tulis Al-Qur’an yang ada di Pondok Pesantren Mamba’ul Ushulil Hikmah Kembaran Banyumas adalah untuk mendasari santri dalam rangka melatih agar santri dapat membaca Al-Qur’an sesuai dengan aturannya, dapat mengerti dan menerapkan isi kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Adapun materi yang ada yaitu tajwid, baca membaca, imla, dan hafalan. Metode dari kurikulum baca tulis Al-Qur’an menggunakan metode bandhongan, sorogan, dan system setoran. Evaluasi yang dilaksanakan secara istiqomah (terus-menerus) baik setiap hari, bulan maupun setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kurikulum, baca tulis Al-Qur’an, Pondok Pesantren
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.5 Islam dan Ilmu Murni
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chaeruni Widi Astuti sdri
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:53
Last Modified: 18 Jan 2024 06:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22856

Actions (login required)

View Item View Item