PENGARUH KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK RADIO REPUBLIK INDONESIA PURWOKERTO

ARIA, SETIA HARIYADI (2024) PENGARUH KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK RADIO REPUBLIK INDONESIA PURWOKERTO. Masters thesis, UIN Prof. K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TESIS-A.SETIA HARIYADI-214120400007 - KPI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada permasalahan bagaimana peranan komunikasi kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai di Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia Purwokerto. Pada dasarnya kinerja pegawai merupakan hasil proses yang tidak sederhana, kinerja pegawai dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor diri pribadi (internal faktor), kondisi lingkungan sekitarnya (external faktor), maupun upaya strategis dari lembaga. Kinerja yang baik tentu menjadi harapan bagi semua lembaga/institusi, sebab kinerja pegawai ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja lembaga secara keseluruhan. Jika kinerja pegawai baik maka kinerja lembaga menjadi baik pula, demikian sebaliknya. Beberapa teori antara lain kompetensi komunikasi pimpinan, kinerja pegawai, dan komunikasi bawahan menjadi dasar ilmu dalam mendukung penelitian ini. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan membagi kuesioner kepada 50 responden pegawai untuk mengukur komunikasi kepemimpinan terhadap kinerja pegawai. Metodologi yang digunakan merupakan metode korelasional dan tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument kuisioner. Penelitian ini dilakukan di Kantor Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia Purwokerto sebanyak 50 pegawai . Penelitian ini menggunakan teknis analisis data korelasi dan regresi sederhana. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh kepemimpinan (x) terhadap kinerja pegawai (y) di Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia Purwokerto. Karena dilihat dan persamaan regresinya yaitu Y = 15,741+ 0,886X + e, yang menunjukkan adanya pengaruh positif komunikasi kepemimpinan terhadap kinerja pegawai di Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia Purwokerto. Selain itu setelah dilakukan pengujian, diketahui signifikan pengaruhnya dengan derajat pengaruh sebesar 84,2%. Pengaruh yang positif hal itu menunjukkan bahwa kepemimpinan yang baik akan membuat kinerja pegawai di Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia Purwokerto meningkat. Semakin baik kepemimpinan maka semakin baik pula kinerja pegawai.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Komunikasi Kepemimpinan, Kinerja Pegawai
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
300 Social sciences > 350 Public administration
Divisions: Pascasarjana > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: A.SETIA HARIYADI sdr
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:50
Last Modified: 22 Jan 2024 01:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22853

Actions (login required)

View Item View Item