IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO

Siti, Khofifah (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SITI KHOFIFAH_IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran, guru dapat memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik agar terciptanya lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan. Model pembelajaran akan bermanfaat bagi guru dan juga peserta didik karena dapat memudahkan guru dalam mengajar dan menyampaikan materinya. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran berdiferensiasi. Model pembelajaran berdiferensiasi merupakan model pembelajaran yang mengakomodir, menuntun, dan menghargai keberagaman peserta didik dalam belajar sesuai dengan kesiapan, minat, dan profil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi model pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Purwokerto. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian, peneliti mendeskripsikan implementasi model pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Purwokerto. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode untuk menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan implementasi model pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Purwokerto dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu tahap persiapan, guru memiliki peran sebagai perancang, fasilitator dan motivator. Selanjutnya tahap pelaksanaan terbagi menjadi 3 kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Tahap terakhir yaitu tahap evaluasi yang dilakukan dengan asesmen formatif dan sumatif. Kata Kunci : Model Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran PAI
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SITI KHOFIFAH sdri
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:32
Last Modified: 18 Jan 2024 03:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22847

Actions (login required)

View Item View Item