Barokatul, Mukarromah (2024) MANAJEMEN BUDAYA MADRASAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Barokatul Mukarromah_Manajemen Budaya Madrasah dalam Pembentukan Karakter Siswa di MIN 1 Kebumen.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Budaya madrasah merupakan suatu kegiatan untuk menciptakan lingkungan madrasah yang berkarakter dan melibatkan semua sistem dan struktur di madrasah. Di awali dengan budaya madrasah, pembentukan karakter dapat terlihat melalui pembiasaan yang sering dilakukan peserta didik. Pembiasaan ini diintegrasikan dalam keseluruhan kegiatan di madrasah yang tercermin dari suasana dan lingkungan madrasah yang kondusif. Terdapat madrasah yang telah melakukan manajerial budaya madrasah untuk membentuk karakter siswa yakni Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kebumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen budaya madrasah dalam pembentukan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kebumen. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi budaya madrasah dalam pembentukan karakter siswa di MIN 1 Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh peneliti melalui wawancara, observasi dan dokumentasi pada saat penelitin. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala kurikulum, guru dan siswa. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode/teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter siswa yang terbentuk melalui budaya madrasah yakni karakter religius, disiplin, kerja keras, sopan santun, peduli lingkungan dan tanggung jawab. Tahapan manajemen dalam pembentukan budaya madrasah adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan budaya madrasah dilakukan pada awal tahun pelajaran yakni pada saat rapat kerja bersama dengan dewan guru. Pada tahap perencanaan ada proses menentukan tujuan dan menentukan program kegiatan. Pengorganisasian budaya madrasah terintegrasi dalam manajemen madrasah secara umum dan dilaksankan sesuai dengan struktur organisasi di madrasah sesuai dengan tugas dan wewenang guru. Proses penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan budaya madrasah dilakukan dengan menggunakan metode pemahaman, pembiasaan dan keteladanan. Beberapa kegiatan budaya madrasah di MIN 1 Kebumen diantaranya yaitu pembacaan asmaul husna dan hafalan juz ‘amma, TPQ, mujahadah, sholat dhuha dan dhuhur berjama’ah, berjabat tangan dengan guru, melakukan salam dan sapa, piket kelas, membersihkan lingkungan madrasah, mematuhi tata tertib madrasah. Pada proses evaluasi hal-hal yang diamati adalah timbal balik atau perilaku siswa setelah adanya kegiatan budaya madrasah. Pengelolaan yang baik menjadi kunci keberhasilan manajemen budaya madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kebumen. Kata Kunci: manajemen, budaya madrasah, pendidikan karakter
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Budaya Madrasah, Pendidikan Karakter |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Barokatul Mukarromah sdri |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 03:31 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 03:31 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22846 |
Actions (login required)
View Item |