IMPLEMENTASI ETIKA EKOLOGI DALAM TRADISI KEAGAMAAN NGASA DI DESA GANDOANG KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES

Sinta, Puspitasari (2024) IMPLEMENTASI ETIKA EKOLOGI DALAM TRADISI KEAGAMAAN NGASA DI DESA GANDOANG KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SINTA PUSPITASARI_2017502024_IMPLEMENTASI ETIKA EKOLOGI DALAM TRADISI KEAGAMAAN NGASA DI DESA GANDOANG KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis implementasi etika ekologi dalam tradisi ngasa di Desa Gandoang Kecamatan Salem Kabupaten Brebes. Ngasa merupakan suatu tradisi sedekah gunung yang dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rezeki yang diberikan. Tradisi ini melibatkan praktik keagamaan dan kebudayaan, khususnya dalam kaitannya dengan lingkungan alam. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan, dimana data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara langsung dengan stakeholder dan masyarakat Desa Gandoang. Implementasi etika ekologi dalam tradisi ngasa di Desa Gandoang Kecamatan Salem Kabupaten Brebes dianalisis menggunakan teori etika tanah (land ethics) Aldo Leopold. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Desa Gandoang telah mengintegrasikan nilai-nilai etika ekologi dalam pelaksanaan tradisi ngasa mereka. Partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kelestarian alam terlihat melalui prinsip-prinsip seperti penghormatan terhadap alam, sikap berkelanjutan dan keberlanjutan ekosistem. Selain itu, tradisi ngasa juga berperan dalam membangun kesadaran lingkungan dan mempromosikan praktik-praktik ramah lingkungan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktik- praktik keagamaan dan kebudayaan yang dapat menjadi sumber inspirasi bagi upaya pelestarian lingkungan. Implikasi dari temuan ini diharapkan dapat mendukung pengembangan kebijakan lokal yang lebih berkelanjutan dan memotivasi masyarakat lain untuk mengadopsi nilai-nilai ekologi dalam kehidupan sehari-hari mereka. Kata Kunci: Tradisi; Ngasa; Etika; Ekologi; Leopold.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tradisi; Ngasa; Etika; Ekologi; Leopold.
Subjects: 200 Religion > 204 Special topics
2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Studi Agama - Agama
Depositing User: Sinta Puspitasari sdri
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:57
Last Modified: 17 Jan 2024 06:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22837

Actions (login required)

View Item View Item