NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AJARAN TAREKAT SYADZILIYAH DI DESA MERGOSARI KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN WONOSOBO

Virna, Pramuditha (2024) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AJARAN TAREKAT SYADZILIYAH DI DESA MERGOSARI KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN WONOSOBO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Virna Pramuditha_Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Ajaran Tarekat Syadziliyah Di Desa Mergosari Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam ajaran tarekat syadziliyah di desa Mergosari Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo, terdapat beberapa ajaran yang dapat diambil, Mursyid (guru) tarekat juga mengarahkan kepada murid. Dunia tidak boleh diabaikan secara serta merta, akan tetapi dunia harus dimanfaatkan dengan baik sebagai sarana untuk menuju akhirat. Syariat Islam harus dijalankan dengan sungguh-sungguh dan tidak boleh diremehkan apalagi diabaikan, karena seseorang tidak akan bisa mencapai hakekat tanpa dilandasi pengamalan syariat dengan baik dan benar. Ajaran dalam tarekat syadziliyah di Desa Mergosari ada delapan yaitu Wara’, Akhlaqul Kharimah, Tawakkal, Ridho, Adab Murid, Zuhud, Hizib, dan Uzlah. Amalan yg dilakukan dari ajaran tarekat syadziliyah yaitu istigfar, shalawat nabi, zikir sebanyak 100x setelah shalat shubuh dan magrib, kemudian wirid, wasilah dan ratibhah dibaca di waktu tertentu. Kegiatan dalam tarekat syadziliyah yaitu pengajian rutinan selapanan (setiap minggu pahing) dan duapuluhan (setiap tanggal 20 jawa). Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan kepada pengikut dan jama’ah di Desa Mergosari Kecamatan Sukoharjo kabupaten Wonosobo yang berjumlah empat orang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara utuh mengenai bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak dalam tarekat syadziliyah di Desa Mergosari Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak dalam ajaran tarekat syadziliyah dapat memberikan dampak yang positif seperti meneladani sifat-sifat Rasul yang berakhlak mulia. Tarekat syadziliyah sendiri juga memberikan efek yang baik seperti menghargai sesama muslim dan hidup berdampingan dengan baik. Penelitian juga ini memberikan kesimpulan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak dalam ajaran tarekat syadziliyah yaitu Tarekat Syadziliyah ini mempunyai pemikiran yang moderat dan sangat terbuka. Menurut ajaran dalam Tarekat Syadziliyah, untuk mengamalkan tarekat tidak berarti harus menyepi, mengasingkan diri dan meninggalkan kehidupan duniawi secara lahiriah. Sebaliknya, tarekat ini pada hakekatnya mengajarkan mengenai pentingnya kehidupan yang harus menyatu dengan segala aspek kehidupan manusia. Tarekat tidak terpisah dari masyarakat sekitarnya atau merupakan lembaga tersendiri yang tertutup dari pergaulan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akhlak, Pendidikan, Tarekat Syadziliyah
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.3 Tarekat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Virna Pramuditha sdri
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:42
Last Modified: 17 Jan 2024 06:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22825

Actions (login required)

View Item View Item