Pandangan Tokoh Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Banyumas Terhadap Nafkah Kosmetik Perspektif Maqasid Syariah

Iqbal, Aziz (2024) Pandangan Tokoh Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Banyumas Terhadap Nafkah Kosmetik Perspektif Maqasid Syariah. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muhammad Iqbal Aziz_ Pandangan Tokoh Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Terhadap Nafkah Kosmetik Perspektif Maqasid Syariah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kaitannya dengan nafkah kosmetik di dalam Islam terdapat sumber hukum Islam salah satunya yaitu maqasid syari’ah. Dimana maqasid syari’ah ini bertujuan untuk kemaslahatan umat. Melihat hal ini, para tokoh keagamaan dari Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Banyumas memiliki pandangan tersendiri yang ditinjau dari sudut pandang mereka dan berdasarkan yang mereka ketahui. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis sudut pandang antar tokoh dan menyikapi problematika tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Data primer yaitu melakukan wawancara dengan 4 tokoh ormas, diantaranya 2 tokoh dari Nahdlatul Ulama dan 2 tokoh dari Muhammadiyah. Sedangkan data sekunder diperoleh dari Putusan Pengadilan, buku, dan jurnal. Pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian lapangan peneliti menyimpulkan dua hal. Pertama, jika dikontekskan dalam maqasid syari’ah pandangan mereka berbeda-beda. Ada ada dua tokoh yang menyebutkan bahwa nafkah kosmetik ini masuk ke dalam maqasid syari’ah yang sifatnya hajiyat dan tahsiniyat, dan 3 tokoh menyebutkan sebagai maqasid tahsiniyat saja dan satu tokoh menyebutkan sebagai daruriyat. Dan masing-masing mempunyai alasan tersendiri. Kedua, persamaan pendapat antar tokoh adalah jika nafkah kosmetik ini bermanfaat untuk menjaga keutuhan rumah tangga dan juga agar terciptanya keluarga yang harmonis dengan terpenuhinya kebutuhan lain di luar kebutuhan wajib. Sementara perbedaannya,antar tokoh Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah berbeda sudut pandang tentang nafkah kosmetik jika dikontekskan dalam maqasid syari’ah. Hal ini juga menunjukan bahwa urgensi nafkah kosmetik ini sangatlah bermanfaat bagi kehidupan rumah tangga. Selain untuk memenuhi kebutuhan istri tentunya ini juga menjadi salah satu agar terwujudnya keluarga yang harmonis dan juga mencegah terjadinya pertengkaran dalamrumah tangga sehingga menimbulkan perceraian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nafkah Kosmetik, Maqasid Syari’ah, Tokoh Nahdlatul Ulama, Tokoh Muhammadiyah, Kabupaten Banyumas
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.02 Ushul Fiqih
Divisions: Fakultas Syariah > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Muhammad Iqbal Aziz sdr
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:01
Last Modified: 17 Jan 2024 02:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22813

Actions (login required)

View Item View Item