PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BULETIN PAGI DI SD MUHAMMADIYAH CIPETE KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Nifhah, Husnayaeni (2024) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BULETIN PAGI DI SD MUHAMMADIYAH CIPETE KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nifhah Husnayaeni_Pembentukan Karakter Religius Melalui Buletin Pagi di SD Muhammadiyah Cipete Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu hal yang menjadi faktor penyebab menurunnya kualitas pendidikan adalah menurunnya kualitas karakter siswa. Dalam hal pendidikan karakter, hal yang perlu diperhatikan dan dikembangkan pada siswa melalui dunia sekolah adalah kemampuan untuk menjadikan siswa menjadi individu yang patuh kepada Tuhan. Sejalan dengan hal tersebut, salah satu upaya yang dilakukan oleh SD Muhammadiyah Cipete untuk membentuk karakter religius siswa adalah dengan membentuk dan menerapkan beberapa kegiatan yang terkumpul dalam program Buletin Pagi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pembentukan karakter religius siswa melalui kegiatan Buletin Pagi yang ada di SD Muhammadiyah Cipete Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri atas Kepala Sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, wali kelas, dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan metode yang digunakan, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga tahapan dalam konsep pembentukan karakter melalui Buletin Pagi di SD Muhammadiyah Cipete, yaitu rancangan, proses (penanaman pengetahuan karakter religius melalui kegiatan kultum atau Sirah Nabawiyah, pelaksanaan melalui ibadah dan cerita, pembiasaan perilaku karakter religius melalui kegiatan shalat dhuha, dzikir pagi, muroja’ah, tadarus Al-Qur’an dan bersih-bersih mushola), serta evaluasi dengan pengamatan praktek perilaku karakter religius yang dilakukan oleh guru melalui observasi selama kegiatan siswa di sekolah. Hasil dari program Buletin Pagi yang ada di SD Muhammadiyah Cipete dapat dilihat dari perubahan karakter siswa dari kelas 1 sampai kelas 6 secara bertahap menjadi lebih religius dan terjaga ibadahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Buletin Pagi, Karakter, Religius
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.4 Do'a dan Zikir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nifhah Husnayaeni sdri
Date Deposited: 17 Jan 2024 01:59
Last Modified: 17 Jan 2024 01:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22810

Actions (login required)

View Item View Item