PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SMA N 1 PURWAREJA KLAMPOK, BANJARNEGARA

Ulfia, Nurrul Fauza (2024) PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SMA N 1 PURWAREJA KLAMPOK, BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ulfia Nurrul Fauza_Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Berbasis Kurikulum Merdeka di SMA N 1 Purwareja Klampok, Banjarnegara.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pengembangan dalam pendidikan menjadi kunci utama dalam membuka pintu kesuksesan generasi masa depan. Salah satunya adanya revolusi kurikulum yaitu kurikulum merdeka. Sebagai inisiatif pengembangan, kurikulum merdeka memiliki potensi untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih relevan dan adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi, serta teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Lokasi yang diteliti yaitu SMA N 1 Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara. Hasil penelitian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Berbasis Kurikulum Merdeka di SMA N 1 Purwareja Klampok, Banjarnegara dengan tiga tahap, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan asessmen pembelajaran. Pada tahap perencanaan guru mengidentifikasi alur tujuan pembelajaran, menentukan capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran, serta menyusun modul ajar. Kedua, tahap pelaksanaan ditemukan berbagai macam metode, model, dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi ajar, pembelajaran sudah menggunakan media pembelajaran seperti LCD proyektor serta menggunakan metode pembelajaran tipe Think Pair Share. Ketiga, tahap asessmen pembelajaran sudah sesuai dengan prinsip kurikulum merdeka, yaitu menekankan antara penilaian aspek kognifit, afektif, dan psikomotorik. Asesmen yang digunakan yaitu asesmen diagnostik, asesmen formatif, dan juga asesmen sumatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.6 Kandungan Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulfia Nurrul Fauza sdri
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:36
Last Modified: 16 Jan 2024 06:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22800

Actions (login required)

View Item View Item