PENGARUH MODEL UTAUT TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN BRI MOBILE (STUDI KASUS NASABAH BRI DI BANYUMAS)

Muhammad Bagus, Firman Syah (2023) PENGARUH MODEL UTAUT TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN BRI MOBILE (STUDI KASUS NASABAH BRI DI BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD BAGUS FIRMAN SYAH_PENGARUH MODEL UTAUT TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN BRI MOBILE (STUDI KASUS NASABAH BRI DI BANYUMAS).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Teknologi yang berkembang pesat telah mengubah dan membuat perubahan di sektor perbankan. Hal ini memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat yang mana mereka dapat merasakan secara langsung dampak positif dari adanya perkembangan teknologi tersebut. Salah satu bentuk perkembangan teknologi di sektor perbankan yaitu dengan adanya mobile banking. Mobile banking memungkinkan bank untuk bekerja seefisien mungkin dalam menyediakan layanan hemat anggaran dan meningkatkan daya layanan, lebih dari sekadar menguntungkan dan mudah digunakan oleh nasabah kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model UTAUT berpengaruh terhadap keputusan nasabah untuk menggunakan BRI Mobile (BRImo) di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Data penelitian didapatkan melalui kuesioner dengan sampel sebanyak 100 responden. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode Partial Least Square (PLS) yang kemudian diolah menggunakan software smartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan pengaruh sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku untuk menggunakan BRImo. Kemudian niat perilaku berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku penggunaan BRImo. Akan tetapi kondisi memfasilitasi tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku penggunaan BRImo di Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: UTAUT, Mobile Banking, Aplikasi BRImo
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Muhammad Bagus Firman Syah
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:25
Last Modified: 15 Jan 2024 06:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22792

Actions (login required)

View Item View Item