REPRESENTASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SERIAL TELEVISI RADEN KIAN SANTANG MAHKOTA BARU PAJAJARAN (ANALISIS TEUN A. VAN DIJK)

Mila, Krisdayanti (2024) REPRESENTASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SERIAL TELEVISI RADEN KIAN SANTANG MAHKOTA BARU PAJAJARAN (ANALISIS TEUN A. VAN DIJK). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Mila Krisdayanti_Representasi Nilai Pendidikan Islam dalam Serial Televisi Raden Kian Santang Mahkota Baru Pajajaran (Analisis Wacana Teun A. van Dijk).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saat ini tayangan televisi sudah banyak kriteria dan ragamnya. Memilih tayangan yang edukatif adalah pilihan terbaik di era wabah covid-19 ini. Pada stasiun televisi MNCTV terdapat film serial televisi berjudul Raden Kian Santang meraih rating penonton tertinggi berjumlah 3,3 dan audience share 15,6% pada akhir tahun 2020. Penelitian tentang serial televisi Raden Kian Santang sudah banyak dimuat dibeberapa karya tulis dan artikel seperti yang tertulis pada bab 2 poin penelitian terkait. Namun, terdapat perbedaan fokus dan teknik analisis penelitian antara kajian terdahulu dengan kajian peneliti saat ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memaparkan representasi nilai pendidikan islam dalam serial televisi Raden Kian Santang: Mahkota Baru Pajajaran secara deskriptif menggunakan analisis wacana dari Teun A van Dijk. Metode yang digunakan peneliti yaitu menurut jenis Penelitianya merupakan penelitian analisis deskriptif dan library research. Selanjutnya peneliti menggunakan jenis pendekatan literatur dan lapangan atau campuran kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan sumber data dari penonton, video film, buku, jurnal, artikel, media, dan sumber pendukung lain yang relevan. Kemudian peneliti menggunakan teknik analisis dari teori analisis awacana Teun A. van Dijk. Temuan peneliti sebagai hasil dari analisis struktur teks menunjukan bahwa terdapat representasi dari empat nilai pendidikan islam dalam film Raden Kian Santang: Mahkota Baru Pajajaran yaitu nilai pendidikan islam pada aspek akidah, akhlak, ibadah, dan sosial kemasyarakatan. Analisis kognisi sosial yang menunjukan adanya penulisan dalil atau hadits yang digunakan sebagai pendukung adegan yang diperagakan dalam film (pembuat teks). Analisis konteks sosial yang menunjukan bahwa kenyataanya ilmu tanpa dasar maka akan diragukan kebenarannya. Selain sebagai hiburan, film ini juga memgkolaborasikan misi dakwah islam didalamnya. Hal itu membuktikan bahwa film ini juga berkontribusi dalam memberikan pemahaman atas nilai dan norma islam melalui adegan, dialog, dan interaksi tokoh. Selain itu film ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran alternatif yang mana dapat memberikan contoh langsung dari representasi nilai-nilai pendidikan islam dikehidupan nyata. Kata kunci: nilai pendidikan islam, film, analisis wacana

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai pendidikan islam, film, analisis wacana
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.1 Iman Kepada Allah
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.2 Malaikat
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.3 Kitab-Kitab Allah
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.4 Nabi dan Rasul
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.5 Hari Akhir (Kiamat)
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.6 Qada dan Qadar
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.8 Akidah Menurut Sekte Tertentu
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mila Krisdayanti sdr
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:53
Last Modified: 15 Jan 2024 02:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22782

Actions (login required)

View Item View Item