IMPLEMENTASI STRATEGI JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V MI MA'ARIF PESAWAHAN KECAMATAN RAWALO

Prefi, Cahyani (2024) IMPLEMENTASI STRATEGI JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V MI MA'ARIF PESAWAHAN KECAMATAN RAWALO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Prefi Cahyani_Implementasi Strategi Jigsaw dalam Pembelajaran Bahasa indonesia di Kelas V MI Ma'arif Pesawahan Kec Rawalo.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Strategi Jigsaw adalah sebuah model belajar kooperatif yang menitikberatkan kepada kerja kelompok peserta didik dalam bentuk kelompok kecil. Implementasi strategi jigsaw ini merupakan usaha yang dilakukan oleh guru kelas V MI Ma’arif Pesawahan Kecamatan Rawalo untuk mengefektifkan proses pembelajaran dan membangkitkan minat belajar peserta didik sehingga peserta didik dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi Jigsaw dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V MI Ma’arif Pesawahan Kecamatan Rawalo. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang mampu mengarahkan peserta didik kepada tujuan pembelajaran yang diharapkan dengan meneladani strategi pembelajaran yang telah diajarkan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, wali kelas V, peserta didik kelas V. Objek penelitian adalah implementasi strategi Jigsaw dalam pembelajaran bahasa indonesia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi strategi Jigsaw dalam pembelajaran bahasa indonesia di Kelas V MI Ma’arif Pesawahan Kecamatan Rawalo dilakukan dalam 3 tahap yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan guru menyusun RPP. Kemudian tahap pelaksanaan pembelajaran yaitu guru memberikan orientasi peserta didik pada masalah dan mengorganisasikan peserta didik dalam belajar, guru mengkondisikan peserta didik secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan, membagi peserta didik menjadi 4 kelompok asal dengan sistem berhitung, guru membimbing dan memantau jalannya diskusi. Selanjutnya pada tahap evaluasi yaitu guru menggunakan tes yang dilakukan secara individu atau kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi jigsaw dalam pembelajaran Bahasa indonesia di kelas V MI Ma’arif Pesawahan dapat meningkatkan nilai peserta didik dan keaktifan peserta didik pada saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, pembelajaran Bahasa Indonesia, strategi Jigsaw
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Prefi Cahyani sdri
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:14
Last Modified: 15 Jan 2024 03:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22776

Actions (login required)

View Item View Item