IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MUFRODAT TINGKAT MUBTADI DI KELAS III MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH AL-MUTTAQIN BOJONG GENTENG PANGANDARAN

Esti, Setiawati (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MUFRODAT TINGKAT MUBTADI DI KELAS III MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH AL-MUTTAQIN BOJONG GENTENG PANGANDARAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ESTI SETIAWATI_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MUFRODAT TINGKAT MUBTADI DI KELAS III MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH AL-MUTTAQIN BOJONG GENTENG PANGANDARAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bahasa Arab merupakan bagian dari pendidikan islam yang tidak dapat dipisahkan. Bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an, dengan memahami bahasa Arab maka kita dapat dengan mudah memahami isi Al-Qur’an. Keunggulan bahasa Arab dengan bahasa yang lainnya bukan hanya terletak sebagai bahasa agama, tetapi bahasa Arab memiliki keistimewaan dalam segi kebahasaannya. Dalam pembelajaran bahasa Arab ada tiga unsur yang wajib diketahui yaitu Al-aswat (bunyi), Al-Mufrodat (kosa kata) dan Al-Qowaid (tata bahasa). Selain tiga unsur yang wajib diketahui di atas, pembelajaran bahasa Arab juga mencakup tiga tingkatan diantaranya; Al-Mubtadi (pemula), Al- Muttawasitin (menengah) dan Al-Mutaqadimin (mahir).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana hasil dari implementasi pembelajaran mufrodat tingkat mubtadi di MDTA Al-Muttaqin Bojong Genteng Pangandaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam proses pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Implementasi pembelajaran mufrodat tingkat mubtadi di kelas III MDTA Al-Muttaqin Bojong Genteng Pangandaran dilaksanakan sesuai dengan persiapan dan rencana yang telah dibuat, yaitu pada kegiatan awal pembelajaran guru menyiapkan dan berdoa bersama-sama, tahap selanjutnya kegiatan belajar mengajar dimulai dengan memperkenalkan mufrodat yang telah ditulis di papan tulis, dan melakukan kegiatan bernyanyi agar siswa mudah menghafal mufrodat menggunakan benda benda yang berhubungan dengan mufrodat tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mufrodat, Pembelajaran, Implementasi Pembelajaran Mufrodat
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Esti Setiawati
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:41
Last Modified: 12 Jan 2024 02:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22770

Actions (login required)

View Item View Item