PENGARUH KUALITAS DEWAN PENGAWAS SYARI’AH (DPS) TERHADAP SYARI’AH COMPLIANCE DI LEMBAGA KOPERASI BERBASIS SYARI’AH PERHIMPUNAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL INDONESIA (PBMTI) WILAYAH JAWA TENGAH

Habib, M. Ghozali (2023) PENGARUH KUALITAS DEWAN PENGAWAS SYARI’AH (DPS) TERHADAP SYARI’AH COMPLIANCE DI LEMBAGA KOPERASI BERBASIS SYARI’AH PERHIMPUNAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL INDONESIA (PBMTI) WILAYAH JAWA TENGAH. Doctoral thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Disertasi_M Ghozali.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Studi penelitian ini dilatarbelakangi oleh situasi lemahnya penerapan prinsip-prinsip syari’ah (syari’ah compliance) di lembaga koperasi berbasis syari’ah Perhimpunan Baitul Maal wat Tamwil (PBMTI) wilayah Jawa Tengah. Eksistensi dewan pengawas syari’ah (DPS) yang dalam tugasnya sebagai director, reviewer, supervisor, serta marketer dinilai menjadi faktor utama penyebab terkendalanya penerapan prinsip-prinsip syari’ah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji sejauhmana pengaruh kualitas dewan pengawas syari’ah dikur dari sisi kompetensi, independensi, serta efektivitas pengawasannya terhadap upaya penerapan prinsip-prinsip syari’ah di lembaga koperasi berbasis syari’ah. Sasaran target pada penelitian ini adalah anggota dewan pengawas syari’ah, yaitu sebanyak seratus dua puluh satu (121) personel yang berasal dari sembilan puluh enam (96) lembaga koperasi syari’ah yang tergabung pada asosiasi PBMTI wilayah provinsi Jawa Tengah. Objek dari penelitian ini berupa data-data kuesioner yang merupakan pernyataan-pernyataan opini syari’ah dari sejumlah populasi target yang ada. Sedangkan metode analisis data yang di pakai pada penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square, Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Keberadaan variabel-variabel independent berupa: kompetensi, independensi, efektivitas pengawasan, akan diukur sejauh mana dapat berpengaruh terhadap variabel dependen (syari’ah compliance). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kompetensi berpengaruh positif terhadap variabel efektivitas pengawasan serta variabel syari’ah compliance. Pada sisi lain variabel efektivitas pengawasan juga berpengaruh positif terhadap variable syari’ah compliance. Sedangkan untuk pengujian terhadap variabel independensi, terbukti hasilnya tidak berpengaruh secara positif baik terhadap variable efektivitas pengawasan maupun terhadap variabel syari’ah compliance. Selanjutnya, untuk hasil pengujian nila terhadap empat (4) variabel yang ada pada penelitian ini, keberadaan variabel kompetensi, variabel independensi, serta variabel efektivitas pengawasan terbukti mendapatkan skor nilai yang positif. Sedangkan pengujian nilai terhadap variabel syari’ah compliance, hasil nilai yang didapatinya terbukti negatif. Penerapan prinsip-prinsip syari’ah di Lembaga koperasi berbasis syari’ah, sangat tergantung pada kualitas dewan pengawas syari’ah, disamping perlunya kehadiran regulasi yang memadai sebagai payung hukum pada operasional lembaga.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Lembaga Koperasi Syari’ah, Kualitas DPS, Syari’ah Compliance,
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.142 Zakat Mal (Ternak, Emas, Perak, Uang, Perniagaan)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
Divisions: Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary
Depositing User: Sdri Ayuk Kusumaningrum
Date Deposited: 11 Jan 2024 06:29
Last Modified: 11 Jan 2024 06:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22768

Actions (login required)

View Item View Item