PENGARUH METODE MENGHAFAL TAWAZUN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-QUR'AN HADITS DI MTs MUHAMMADIYAH BANJARMANGU BANJARNEGARA

Gilza, Putri Dwi Widiastuti (2024) PENGARUH METODE MENGHAFAL TAWAZUN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-QUR'AN HADITS DI MTs MUHAMMADIYAH BANJARMANGU BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-GILZA PUTRI-1817402102.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://uinsaizu.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh metode menghafal Tawazun pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar di kelas VIII MTs Muhammadiyah Banjarmangu bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dalam prestasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode menghafal Tawazun. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eskperimental). Populasi dari penelitian disini berasal dari kelas VIII MTs Muhammadiyah Banjarmangu yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda yaitu soal pre-test dan post-test, serta dokumentasi hasil belajar siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis parametrik. Hasil pre-test yang diperoleh dari analisis parametrik menggunakan uji independent sample t-test dengan Microsoft Excel. Sebelum diterapkan metode menghafal Tawazun pada kelas kontrol dan eksperimen diperoleh ttabel sebesar 1,752618714 dan untuk thitung sebesar 2,028094001. Diperoleh thitung > ttable maka H0 ditolak dan Ha diterima dan dengan menggunakan SPSS 22 menghasilkan lower -2.90352 dan upper 13.42984. Sedangkan sig.(2-tailed) bernilai 0,088 > ɑ = 0,05. Selanjutnya hasil post-test analisis parametrik menggunakan uji independent sample t-test dengan Microsoft Excel setelah menerapkan metode menghafal Tawazun diperoleh ttabel sebesar 10,82216675 dan untuk thitung sebesar 2,028094001. Diperoleh thitung < ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima dan dengan menggunakan SPSS 22 menghasilkan lower 18.521 dan upper 30.953. sedangkan sig.(2-tailed) bernilai 0,000 < ɑ = 0,05. Maka dinyatakan bahwa, H0 ditolak yang artinya Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Menghafal Tawazun, Prestasi Belajar, Al-Qur’an Hadits
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.2 Al Qur'an dan Terjemah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Gilza Putri Dwi Widiastuti
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:35
Last Modified: 16 Jan 2024 06:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22767

Actions (login required)

View Item View Item