KONTEKSTUALISASI DAKWAH HUMANISME K.H. A. MUSTOFA BISRI DALAM MEWUJUDKAN ISLAM RAHMATAN LIL'ALAMIN (ANALISIS WACANA KRITIS KONTEN JUM'AT CALL INSTAGRAM @GUSMUSCHANNEL)

RUJITO, RUJITO (2024) KONTEKSTUALISASI DAKWAH HUMANISME K.H. A. MUSTOFA BISRI DALAM MEWUJUDKAN ISLAM RAHMATAN LIL'ALAMIN (ANALISIS WACANA KRITIS KONTEN JUM'AT CALL INSTAGRAM @GUSMUSCHANNEL). Masters thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDIN ZUHRI (UIN SAIZU) PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RUJITO_KONTEKSTUALISASI DAKWAH HUMANISME KH AHMAD MUSTOFA BISRI DALAM MEWUJUDKAN ISLAM RAHMATAN LIL'ALAMIN (Analisis Wacana Kritis Konten Jum'at Call Instagram @Gusmuschannel).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak Fenomena radikalisme dalam ruang digital menuntut aktivitas dakwah mampu menyajikan konten yang mengacu kepada harmonisasi umat. Dalam praktiknya, kedekatan generasi milenial dengan media sosial memudahkan akses dakwah, baik penyampaian pesan maupun penyebarannya. Dengan adanya fenomena tersebut, dakwah humanisme Gus Mus pada media sosial Instagram dipersepsi sebagai dakwah yang mewujudkan Islam rahmatan lil alamin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode library research dan pendekatan kritis. Penelitian ini berupaya melakukan kajian kritis terhadap dakwah humanisme konten Jum’at Call dalam mewujudkan Islam rahmatan lil alamin, penelitian ini menggunakan analisis wacana kritis Norman Fairclough dengan mengacu pada dimensi critical linguistic (representasi, relasi, dan identitas), dimensi discourse practise (produksi dan konsumsi teks), dan dimensi Sociocultural practice (situasional, institusional, dan sosial). Penelitian ini menemukan bahwa dakwah humanisme dalam mewujudkan Islam rahmatan lil alamin pada konten Jum’at Call diidentifikasikan melalui nilainilai kemanusiaan, yang merujuk pada nilai kebajikan, nilai kebenaran, nilai toleransi, nilai kedamaian (kesejahteraan), dan nilai kasih sayang. Kontekstualisasi dari wacana dakwah humanisme dalam mewujudkan Islam rahmatan lil alamin adalah manusia yang meneladani Rasulullah, terefleksikan melalui amar ma’ruf nahi munkar dan akhlakul karimah. Kata kunci: dakwah humanisme, Islam rahmatan lil alamin, wacana kritis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: dakwah humanisme, Islam rahmatan lil alamin, wacana kritis.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.23 Materi Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 604 Special topics
Divisions: Pascasarjana > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: sdr. rujito rujito
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:07
Last Modified: 09 Jan 2024 02:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22753

Actions (login required)

View Item View Item