PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI ISLAMIYAH PELUMUTAN KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA

Arfa Teane, Puspita (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI ISLAMIYAH PELUMUTAN KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Arfa Teane Puspita_Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di MI Islamiyah Pelumutan Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian mengenai penerapan strategi pembelajaran inkuiri ini dilatarbelakangi karena strategi pembelajaran inkuiri memberikan perubahan dalam proses pembelajaran. Ketika pembelajaran dilakukan dengan menggunakan ceramah, siswa merasa bosan dan tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini membuat siswa sulit untuk memahami materi yang diajarkan. Maka dari itu, guru kelas V di MI Islamiyah Pelumutan mulai menerapkan strategi pembelajaran inkuiri pada pembelajaran IPA agar diharapkan siswa tidak merasa bosan dan bersemangat serta aktif dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan gambaran mengenai penerapan strategi pembelajaran inkuiri di MI Islamiyah Pelumutan mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di MI Islamiyah Pelumutan dengan subjek penelitian yaitu kepala madrasah, guru kelas V, dan siswa kelas V. Adapun dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Setelah melakukan penelitian, didapatkan hasil bahwa dalam menggunakan strategi pembelajaran inkuiri langkah-langkah yang dilakukan oleh guru mulai dari orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Secara keseluruhan penerapan strategi pembelajaran inkuiri ini sesuai dengan langkah-langkah strategi pembelajaran inkuiri. Adapun faktor pendukung dalam menerapkan strategi pembelajaran inkuiri yaitu guru memahami terkait penerapan strategi pembelajaran inkuiri sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar dan dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri menjadikan suasana proses pembelajaran lebih aktif. Selain itu, untuk hambatan dalam menerapkan strategi pembelajaran inkuiri ini yaitu masih terdapat siswa yang tidak memperhatikan pelajaran dan adanya keterbatasan waktu. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Inkuiri, Mata Pelajaran IPA, Kelas V

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Inkuiri, Mata Pelajaran IPA, Kelas V
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arfa Teane Puspita sdri
Date Deposited: 08 Jan 2024 08:08
Last Modified: 08 Jan 2024 08:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22748

Actions (login required)

View Item View Item