NILAI-NILAI TASAWUF DALAM BUKU SENI MERAYU TUHAN KARYA HABIB HUSEIN JA’FAR AL-HADAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

MOHAMAD, BAHRUL ULUM (2024) NILAI-NILAI TASAWUF DALAM BUKU SENI MERAYU TUHAN KARYA HABIB HUSEIN JA’FAR AL-HADAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
M. B. ULUM_NILAI-NILAI TASAWUF DALAM BUKU SENI MERAYU TUHAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penulisan skripsi ini yakni untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter religius dalam buku Seni Merayu Tuhan dan merelevansikannya dengan perkembangan pendidikan Islam di era milenial saat ini. Penelitian ini termasuk penelitian pustaka (library research). Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ialah nilai�nilai tasawuf yang terkandung dalam buku Seni Merayu Tuhan, antara lain; taubat, zuhud, sabar, tawakal, khauf dan raja’. Adapun mengenai relevansinya tasawuf dengan pendidikan islam adalah kehadiran tasawuf dalam dunia pendidikan merupakan upaya mencari jalan keluar dari berbagai keserakahan dunia dan pilar penting dalam pendidikan Islam yang dapat membantu murid untuk menjadi pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Adapun caranya adalah mengajarkan kelima nilai tersebut oleh guru melalui buku pelajaran dan dimasukkannya ke dalam ekstrakurikuler. Tasawuf juga yang menjadikan dua dimensi utama yang muncul dari diri manusia. Dimensi tersebut ialah dimensi ketundukan vertikal kepada sang Khalik yang relevan dengan nilai tawakal, Khauf dan raja’, dan dimensi dialektika horizontal terhadap sesama dan lingkungannya yang relevan dengan nilai taubat, sabar dan zuhud. Pada akhirnya fungsi tasawuf dalam pendidikan adalah membekali peserta didik dengan akhlak yang bertakwa, akhlak yang baik dan mulia, serta ibadah yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Tasawuf, Buku Seni Merayu Tuhan, Pendidikan Islam di Era Milenial
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.2 Tasawuf > 2x5.22 Ajaran Tasawuf
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Bahrul Ulum sdr
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:19
Last Modified: 08 Jan 2024 06:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22747

Actions (login required)

View Item View Item