Shobirin, shobirin (2023) MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM PENINGKATAN MUTU MADRASAH DI MI TAMRINUSSIBYAN 1 AL HIKMAH SIRAMPOG KABUPATEN BREBES DAN MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Doctoral thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Shobirin_Manajemen Perubahan dalam Peningkatan Mutu Madrasah di MI Ma'arif NU 1 Pageraji Cilongok Kabupaten Banyumas dan MI Tamrinussibyan 1 Al Hikmah Sirampog Kabupaten Brebes.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Shobirin, NIM 201771027, Manajemen Perubahan dalam Peningkatan Mutu Madrasah di MI Tamrinussibyan 1 Al Hikmah Sirampog Kabupaten Brebes dan MI Ma’arif NU 1 Pageraji Cilongok Kabupaten Banyumas, Program Studi Doktor Studi Islam Pascasarjana UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Tahun 2023 Isu peningkatan mutu pendidikan tetap menjadi isu yang penting untuk dikaji secara mendalam. Mutu penyelenggaraan pendidikan dapat dijadikan potret dalam program pembangunan sumber daya manusia, generasi manusia diharapkan semakin berkualitas menjadi pribadi pekerja keras, dinamis, produktif, menguasai ilmu pengetahuan, dan teknologi yang terus berkembang. Perjalanan panjang penyelenggaraan pendidikan Islam di Indonesia secara umum telah banyak mengalami perkembangan dan peningkatan, kiprah pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas melalui lembaga-lembaga pendidikan madrasah secara khusus sudah diakui dan tidak diragukan lagi. Secara khusus masih terdapat sebagian madrasah yang sulit mengalami peningkatan mutu, didasarkan atas segala permasalahan intern dan ekstern di masing-masing madrasah tersebut. Peningkatan mutu banyak dikaitkan dengan teori manajerial, manajemen berbasis lembaga, dan peningkatan prestasi lembaga. Dalam penelitian ini penulis mengkaji terkait konsepsi, pendekatan, dan efektivitas manajemen perubahan dalam peningkatan mutu madrasah di MI Tamrinussibyan 1 Al Hikmah Sirampog Kabupaten Brebes dan MI Ma’arif NU 1 Pageraji Cilongok Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian naturalistik, dengan jenis penelitian yaitu studi multikasus dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi: kepala madrasah, pendidik, tenaga kependidikan, dan wali siswa yang berada di kedua lokasi penelitian berbeda. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisisnya menggunakan teknik analisis menurut Miles dan Huberman. Temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa perubahan yang dilakukan oleh kedua madrasah telah menciptakan madrasah yang kompetitif di tengah keberadaan madrasah-madrasah dan sekolah-sekolah lain di sekitarnya. Manajemen perubahan yang diterapkan di kedua madrasah dengan mengoptimalkan segenap potensi dan karakteristiknya berhasil mengembangkan layanan, program, dan fasilitas di madrasah masing-masing secara optimal melalui pendekatan turunan (lokal) secara humanis, transparan, kedisiplinan, kolaborasi, dan evaluatif sehingga menghasilkan sebuah pendekatan dalam manajemen perubahan yaitu Pendekatan Transformatif Madrasah (PTM). Kata Kunci: manajemen, perubahan, mutu, madrasah, transformatif
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Perubahan, Mutu, Madrasah, Transformatif |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management |
Divisions: | Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary |
Depositing User: | SHOBIRIN SHOBIRIN sdr |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 06:22 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 02:34 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22741 |
Actions (login required)
View Item |