ANALISIS PENGELOLAAN POTENSI MELALUI UNIT USAHA BUMDes DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA CILIBUR (STUDI KASUS BUMDes KUSUMA JAYA DESA CILIBUR KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES)

Avitania, Aulia (2023) ANALISIS PENGELOLAAN POTENSI MELALUI UNIT USAHA BUMDes DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA CILIBUR (STUDI KASUS BUMDes KUSUMA JAYA DESA CILIBUR KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Avitania aulia_ANALISIS PENGELOLAAN POTENSI MELALUI UNIT USAHA BUMDes %0D%0ADALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA %0D%0ACILIBUR (Studi Kasus BUMDes Kusuma Jaya Desa Cilibur Kecamatan %0D%0APaguyangan Kabupaten Brebes).pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Desa Cilibur merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Berada di kawasan dataran tinggi pegunungan dan hamparan tanah sawah menjadikan desa Cilibur sebagai desa yang sejuk dan asri, penduduk asli desa ini memiliki mata pencaharian sebagai petani dengan memanfaatkan tanah perkebunan yang mereka miliki. Ini merupakan potensi alam yang dimiliki oleh desa Cilibur, Tanah di desa ini cukup subur, tanaman seperti padi, jagung, cabai, kacang-kacangan, kopi, cengkeh, dan sayuran dijadikan masyarakat desa Cilibur menjadi pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan potensi oleh BUMDes Kusuma Jaya Desa Cilibur. Dalam penelitian ini metode yang dilakukan adalah metode penelitian kualitatif yang merupakan jenis penelitian yang memberikan analisis gambaran gejala dan kenyataan yang ada. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT guna melihat sejauh mana BUMDes Kusuma Jaya berperan dalam pemanfaatan potensi desa dalam pengembanganya yang dipengaruhi oleh beberapa faktor tertentu. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Adanya potensi desa Cilibur baik potensi fisik maupun nonfisik. 2) Pemanfaatan potensi oleh unit usaha milik BUMDes Kusuma Jaya desa Cilibur dalam mengelola potensi desa dengan tujuan kesejahteraan masyarakat. 3) Manfaat, faktor pendukung dan faktor penghambat dari keberadaan BUMDes Kusuma Jaya desa Cilibur. 4) Langkah-langkah dan strategi untuk meningkatkan pemanfaatan potensi pada masa yang akan datang dengan analisis SWOT ditemukan ada empat strategi pengelolaan potensi melalui unit usaha BUMDes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Potensi Desa, BUMDes, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Avitania aulia sdri
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:26
Last Modified: 02 Jan 2024 02:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22727

Actions (login required)

View Item View Item