EVALUASI PROGRAM INDUKSI GURU PEMULA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KOMPETENSI GURU PEMULA MADRASAH DI KABUPATEN KEBUMEN

Yakino, Yakino (2023) EVALUASI PROGRAM INDUKSI GURU PEMULA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KOMPETENSI GURU PEMULA MADRASAH DI KABUPATEN KEBUMEN. Doctoral thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Yakino_Evaluasi Program Induksi Guru Pemula dan Pengaruhnya terhadap Kompetensi Guru Pemula Madrasah di Kabupaten Kebumen.pdf

Download (20MB) | Preview
Official URL: http://repository.uinsaizu.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya problematika di lapangan bahwa dari beberapa guru pemula Kemenag Kabupaten Kebumen masih ditemui guru pemula yang memiliki kompetensi rendah. Bertolak pada problematika tersebut, peneliti merasa perlu untuk meneliti evaluasi pelaksanaan program induksi bagi guru pemula madrasah di Kebumen. Secara umum tujuan dari penelitian ini, yakni untuk mengembangkan dan menguji teori akan program induksi guru pemula. Penelitian ini menggunakan mixed methods. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, studi dokumentasi, dan angket. Sampel diambil dari guru pemula madrasah di Kabupaten Kebumen pada tahun 2020 yang berjumlah 64 orang. Adapun teknik analisis data kualitatif, yakni menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman: mereduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan. Sedangkan teknik yang digunakan dalam menganalisis data kuantitatif melalui tiga tahap: deskripsi data, uji homogenitas dan normalitas sebagai prasarat data sebelum dianalisis, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan hal-hal berikut: (1) Implementasi PIGPM di Kabupaten Kebumen diawali dengan perencanaan, pembimbingan, penilaian, dan pelaporan; (2) Guna meningkatkan kompetensi guru, konstruksi program induksi pascatemuan akan lebih efektif bila siklus mentoring PIGPM meliputi persiapan, matrikulasi pembelajaran, pelaksanaan, penilaian, dan pelaporan; (3) Dari analisis regresi diketahui bahwa PIGPM di Kabupaten Kebumen berpengaruh terhadap kompetensi guru pemula dengan korelasi 0,469 (sedang). Adapun besarnya nilai korelasi untuk kompetensi pedagogik 0,725 (tinggi), kepribadian 0,722 (tinggi), sosial 0,654 (tinggi), profesionalitas 0,456 (sedang), spiritual 0,699 (tinggi), dan leadersip 0,469 (sedang); (4) Melalui observasi pembelajaran dan analisis angket diketahui bahwa PIGPM tersebut sangat efektif bagi tercapainya kompetensi guru yang lebih baik. Dengan mengikuti PIGPM kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesionalitas, spiritual, dan leadersip guru pemula semakin baik. Selain itu, melalui evaluasi konteks, input, proses, dan produk diketahui juga bahwa PIGPM di Kabupaten Kebumen sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan bahwa PIGPM di Kabupaten Kebumen perlu dilanjutkan. Kata Kunci: Evaluasi, Program Induksi Guru Pemula, dan kompetensi guru

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Tidak ada
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Program Induksi Guru Pemula, dan kompetensi guru
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary
Depositing User: Yakino Yakino sdr
Date Deposited: 29 Dec 2023 06:42
Last Modified: 29 Dec 2023 06:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22723

Actions (login required)

View Item View Item