PERTIMBANGAN HAKIM TERKAIT HAL YANG MERINGANKAN HUKUMAN TINDAK PIDANA KORUPSI PERSPEKTIF TEORI KEADILAN JOHN RAWLS (STUDI PUTUSAN NOMOR. 29/PID.SUS-TPK/2021/PN.JKT.PST)

Zikri Amadar, Zulkarnain (2023) PERTIMBANGAN HAKIM TERKAIT HAL YANG MERINGANKAN HUKUMAN TINDAK PIDANA KORUPSI PERSPEKTIF TEORI KEADILAN JOHN RAWLS (STUDI PUTUSAN NOMOR. 29/PID.SUS-TPK/2021/PN.JKT.PST). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ZIKRI AMADAR ZULKARNAIN_PERTIMBANGAN HAKIM TERKAIT HAL YANG MERINGANKAN HUKUMAN TINDAK PIDANA KORUPSI PERSPEKTIF TEORI KEADILAN JOHN RAWLS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Korupsi bansos Covid-19 oleh mantan Menteri Sosial dengan inisial JPB, terjadi banyak sekali pro dan kontra dalam mengadili kasus korupsi tersebut, sampai banyak masyarakat yang merasa dalam mengadili kasus tersebut Hakim tidak sesuai dalam memberikan keringanan dan penjatuhan hukuman. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pertimbangan Hakim terkait hal yang meringankan hukuman tindak pidanakorupsi perspektif teori keadilan John Rawls. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan penelitian ialah pendekatan kasus (case approach). Metode pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu studi pustaka. Sumber data primer yang digunakan ialah salinan putusan Nomor 29/Pid.Sus Tpk/2021/PN.Jkt.Pst dan buku A Theory Of karya John Rawls. Penelitian ini termasuk penelitian analisis Nomorrmatif merupakan sumber data yang diperoleh dengan meneliti bahan pustaka (Library Research). Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kasus (case approach). Metode yang digunakan adalah metode analisis (content analysis). Sumber data primer yang digunakan yaitu Salinan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor 29/Pid.Sus-Tpk/2021/PN.Jkt.Pst dan buku A Theory Of Justice karya John Rawls, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Hakim dalam memberikan keringanan pada putusan Nomor 29/Pid.Sus�Tpk/2021/PN.Jkt.Pst berdasarkan Undang-Undang serta teori keadilan John Rawls Berdasarkan hasil analisis teori keadilan John Rawls dan Undang-Undang, Hakim dalam memberikan pertimbangan keringanan pada putusan Nomor 29/Pid.Sus�Tpk/2021/PN.Jkt.Pst berdasarkan kewenagan Hakim berdasarkan Undang-Undang Nomor 48 Tahun 2009 tentang kekuasaan kehakiman, Sedangkan dalam prinsip keadilan John Rawls terdapat dua prinsip utama keadilan yaitu lembaga sosial wajib memberikan hak dan kewajiban kepada masyarakat serta lembaga sosial harus menyetarakan kedudukan sosial setiap masyarakatnya. Hakim memberikan hak kepada terdakwa di mata hukum tetapi seharusnya Hakim tidak memberikan keringanan tersebut karena kesalahan dan yang ditimbulkan dengan keringanan yang diberikan tidak sesuai berdasarkan moralitas dimasyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Putusan, Korupsi Bansos Covid-19, Pertimbangan Hakim Yang Meringankan, Teori Keadilan Jhon Rawls
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.3 Specific Jurisdiction (Undang-undang dan Peraturan)
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.598 Law of Indonesia (UU, Peraturan di Indonesia)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Zikr AmadarZulkarnain sdr
Date Deposited: 29 Dec 2023 06:41
Last Modified: 29 Dec 2023 06:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22722

Actions (login required)

View Item View Item