KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA ERA SOCIETY DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KABUPATEN BANYUMAS

Sri, Wahyuningsih (2023) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA ERA SOCIETY DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KABUPATEN BANYUMAS. Doctoral thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sri Wahyuningsih_Kompetensi Profesional Guru pada Era Society di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kabupaten Banyumas.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh peran, tugas dan tanggung jawab guru, karena itu guru harus memiliki kompetensi yang sesuai Standar Pendidikan Nasional dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Saat ini dunia pendidikan menghadapi persoalan yang berkaitan dengan era society, sebuah paradigma baru dalam evolusi masyarakat yang ditandai oleh integrasi teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari, mengubah cara bekerja, berinteraksi, dan memandang dunia. Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kabupaten Banyumas sebagai agen perubahan utama dalam sistem pendidikan, harus memperoleh kompetensi profesional yang relevan dengan tuntutan era society. Oleh karena itu, disertasi ini mengkaji dan menganalisis kompetensi profesional guru pada era society di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kabupaten Banyumas. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mendapatkan gambaran tentang kompetensi profesional guru era society di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kabupaten Banyumas, pengembangan kompetensi profesional guru dalam menghadapi era society dan adanya kompetensi profesional guru yang dapat menjawab tantangan era society. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi lapangan, dengan pendekatan fenomenologis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan studi kasus di tiga Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kabupaten Banyumas yang mewakili berbagai konteks geografis dan sosial. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi kelas dan analisis dokumen. Partisipan penelitian ini terdiri dari kepala madrasah, guru dan staff atau karyawan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kabupaten Banyumas. Data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi tren dan pola yang muncul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada tujuh belas kompetensi profesional yang harus dikuasai guru pada era society agar dapat mengedukasi peserta didik dengan baik, mempersiapkan mereka menjadi generasi yang unggul dan tangguh. Kompetensi profesional guru pada era society di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kabupaten Banyumas melibatkan sejumlah aspek penting. Guru harus memiliki pemahaman yang kuat tentang teknologi digital dan bagaimana mengintegrasikannya ke dalam proses pembelajaran sesuai metode pengajaran yang diadaptasikan dengan perkembangan teknologi dan tuntutan kurikulum.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Era Society, Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kabupaten Banyumas
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary
Depositing User: Sri i Wahyuningsih sdri
Date Deposited: 29 Dec 2023 06:40
Last Modified: 29 Dec 2023 06:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22721

Actions (login required)

View Item View Item