STRATEGI EDUTAINMENT DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH KREATIF DI SD NU MASTER SOKARAJA DAN SD NEGERI 1 PIASA SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS

RIYANTI, RIYANTI (2023) STRATEGI EDUTAINMENT DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH KREATIF DI SD NU MASTER SOKARAJA DAN SD NEGERI 1 PIASA SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS. Doctoral thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
DISERTASI RIYANTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Edutainment merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang mengedepankan kesenangan dan kebahagiaan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan strategi edutainment berbasis karakter dapat membuat pembelajaran yang menyenangkan dan menghibur, namun tetap mengedepankan penanaman nilai karakter pada peserta didik. Jika dalam keseharian banyak orang memandang bahwa entertainment identik dengan kesenangan dan hura-hura, dalam pembelajaran edutainment berbasis karakter tidak demikian, karena pembelajaran tersebut memuat materi tertentu yang dipelajari oleh peserta didik melalui tahap-tahap pembelajaran yang menghibur. Bahkan pada setiap tahap pembelajarannya terselip nilai-nilai karakter yang ingin dikembangkan pada peserta didik. Dengan strategi edutainment, meskipun peserta didik menjalani proses pembelajaran yang lama dan banyak, mereka tidak akan merasakan bahwa dirinya sedang dalam masa pembelajaran. Paradigma yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu paradigma fenomenologis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini mengambil dua tempat lokasi penelitian, yaitu SDN 1 Piasa Somagede dan SD NU Master Sokaraja. Waktu yang butuhkan dalam melaksanakan penelitian ini yaitu selama enam bulan, dimulai dari Februari 2022 hingga Agustus 2022. Adapun yang menjadi subyek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik dan peserta didik. Sedangkan, objek penelitian dalam penelitian ini adalah strategi edutainment dalam membentuk karakter pada sekolah kreatif. Strategi edutainment dalam membentuk karakter pada sekolah kreatif di SD NU Master Sokaraja dan SDN 1 Piasa Banyumas dilaksanakan melalui pembelajaran di kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Pembentukan karakter menggunakan strategi edutainment di sekolah tersebut telah dilakukan baik secara langsung ataupun tidak langsung serta terstruktur maupun tidak terstruktur. Langkah-langkah dalam penerapan strategi edutainment dalam membentuk karakter yaitu tahapan persiapan pelaksanaan, dan evaluasi. Dari 18 nilai-nilai karakter dapat terbentuk di dalam proses pembelajaran pada kegiatan intrakurikuler baik di SD NU Master Sokaraja dan SDN 1 Piasa Banyumas. Selanjutnya, dalam pembentukan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler belum terbentuk secara maksimal karena alokasi waktu kegiatan yang berkala serta materi ekstrakurikuler yang sedikit.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary
Depositing User: Sdri Ayuk Kusumaningrum
Date Deposited: 22 Dec 2023 02:33
Last Modified: 22 Dec 2023 02:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22707

Actions (login required)

View Item View Item