IMPLEMENTASI LIMA NILAI BUDAYA KERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM MEWUJUDKAN MUTU PELAYANAN DI ERA DIGITAL PADA KEMENTERIAN AGAMA

Ibnu, Asaddudin (2023) IMPLEMENTASI LIMA NILAI BUDAYA KERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM MEWUJUDKAN MUTU PELAYANAN DI ERA DIGITAL PADA KEMENTERIAN AGAMA. Doctoral thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
1. Ibnu Asaddudin_IMPLEMENTASI LIMA NILAI BUDAYA KERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM MEWUJUDKAN MUTU PELAYANAN DI ERA DIGITAL PADA KEMENTERIAN AGAMA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelayanan yang prima merupakan salah satu dambaan masyarakat, baik pelayanan pada instansi pemerintahan maupun instansi swasta. Pelayanan juga menjadi salah satu tolok ukur penilaian masyarakat pada instansi pemberi layanan. Salah satu instansi pemerintah yang berkaitan dengan ini adalah Kementerian Agama. Lembaga ini memiliki tugas tidak hanya pada keagamaan saja, namun juga pada bidang pendidikan. Oleh karenanya Kementerian Agama memiliki tugas yang sangat strategis. Dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat, Kementerian Agama memegang lima nilai budaya kerja. Lima nilai budaya kerja ini diharapkan mampu menjadi tolok ukur dalam setiap pelayanan di era digital. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi lima nilai budaya kerja aparatur sipil negara (ASN) dalam mewujudkan mutu pelayanan si era digital pada kementerian agama. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian yang penulis gunakan masuk pada penelitian lapangan yang dilaksanakan di Kementerian Agama Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilaksanakan selama sembilan bulan mulai dari Februari 2022 hingga Oktober 2022. Penelitian ini memfokuskan pada implementasi lima nilai budaya kerja ASN dalam mewujudkan mutu pelayanan di era digital pada Kementerian Agama Kabupaten Banyumas. Kementerian Agama Kabupaten Banyumas selama ini telah menerapkan lima nilai budaya kerja. Salah satu langkah optimalisasi lima nilai budaya kerja di sini adalah dengan menerapkan berbagai pelatihan dan workshop. Dalam menjawab tantangan perkembangan global dan digitalisasi, Kementerian Agama Kabupaten Banyumas telah menerapkan lima nilai budaya kerja dalam pelayanan secara konvensional maupun secara digital. Salah satu upaya dalam meningkatkan mutu pelayanan, Kementerian Agama Kabupaten Banyumas mengembangkan website dengan nama sibawor. Melalui website ini, masyarakat lebih mudah dalam memperoleh semua informasi yang dibutuhkan. Adapaun implementasi lima nilai budaya kerja aparatur sipil negara dalam mewujudkan mutu pelayanan di era digital yakni dengan menerapkan nilai integritas, profesionalisme, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan. Kata kunci: Lima Nilai Budaya Kerja, Mutu Pelayanan, Era Digital

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Lima Nilai Budaya Kerja, Mutu Pelayanan, Era Digital
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Manajemen Personalia
Divisions: Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary
Depositing User: Ibnu Asaddudin sdr
Date Deposited: 22 Dec 2023 01:58
Last Modified: 22 Dec 2023 01:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22705

Actions (login required)

View Item View Item