SUPERVISI BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN BANYUMAS

Edi, Sungkowo (2023) SUPERVISI BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN BANYUMAS. Doctoral thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
1. Edi Sungkowo_SUPERVISI BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Rendahnya kualitas pendidikan, sistem supervisi konvensional, dan perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut ruang pendidikan untuk terus selalu melakukan inovasi dalam menghadirkan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang berkualitas merupakan titik tolak masyarakat yang cerdas dan berperadaban tinggi. Pengelolaan pendidikan yang sebagian besar masih konvensional sangat mempengaruhi mutu pendidikan. Untuk itu dibutuhkan supervisi yang relevan dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan formulasi supervisi berbasis Learning Management System dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang penulis gunakan di dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif-deskriptif. Adapun jenis penelitian yang dipilih yaitu penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilakukan di empat madrsah tsanawiyah yang ada di Kabupaten Banyumas. Adapun waktu penelitian ini dilakukan selama 4 (empat) bulan, dimulai dari Januari 2023 sampai dengan Juli 2023. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui tahap reduksi data, uji keabsahan data, verifikasi data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Supervisi berbasis learning Management System Madrasah Tsawawiyah di Kabupaten Banyumas dilakukan secara hybrid, yaitu luring dan daring. Secara daring kegiatan supervisi dilakukan menggunakan alat aplikasi berbasis web yaitu madrasah smart digital (MSD) dan Aplikasi Supervisi Sederhana Abad 21 (ASSA21), dan 2) Pelaksanaan Supervisi berbasis learning management system dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah tsanawiyah Kabupaten Banyumas dilakukan dengan kegiatan yang mengacu pada indikator supervisi. Indikator meningkatnya mutu pendidikan dapat diidentifikasi dari meningkatnya: a) profesionalisme guru, b) kurikulum dan proses pembelajaran, c) sarana prasarana dan sumber belajar, d) penilaian belajar dan pembelajaran, e) pembelajaran yang menarik dan berhasil, dan f) pengembangan budaya kelembagaan dan pemanfaatan lingkungan. Supervisi yang efektif dalam memberikan dukungan dan memfasilitasi pengembangan profesional guru, dapat meningkatkan mutu guru, yang pada gilirannya dapat meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan. Kata kunci: Supervisi, Learning Management System, Mutu Pendidikan, Madrasah Tsanawiyah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Learning Management System, Mutu Pendidikan, Madrasah Tsanawiyah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary
Depositing User: Edi Sungkowo sdr
Date Deposited: 22 Dec 2023 01:54
Last Modified: 22 Dec 2023 01:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22704

Actions (login required)

View Item View Item