PERAN STRATEGIS KELOMPOK KERJA PENGAWAS DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI KEPALA MADRASAH ALIYAH SE-KABUPATEN BANJARNEGARA

Slamet, Wahyudi (2023) PERAN STRATEGIS KELOMPOK KERJA PENGAWAS DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI KEPALA MADRASAH ALIYAH SE-KABUPATEN BANJARNEGARA. Doctoral thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
1. Slamet Wahyudi_“Peran Strategis Kelompok Kerja Pengawas dalam Peningkatan Kompetensi Kepada Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Banjarnegara”.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan peningkatan mutu pembelajaran secara berkelanjutan pada lembaga pendidikan agama Islam (madrasah) erat kaitannya dengan kinerja pengawas madrasah. Pengawas mempunyai posisi yang strategis dalam peningkatan mutu madrasah. Peran pengawas dan strategi kepala madrasah menjadi penting sebagai upaya untuk meningkatkan output sumber daya berkualitas di lingkungan madrasah, karena pengawas berperan sebagai pemimpin di berbagai tingkatan madrasah yang memiliki tugas dan wewenang untuk memberikan arahan, mengontrol kondisi di lapangan dan mengevaluasi yang berkaitan dengan kegiatan akademik dan non-akademik. Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam Penelitian ini sumber datanya yaitu Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Kabupaten Bajarnegara dan kepala madrasah aliyah di Kabupaten Banjarnegara. Peran Pokjawas dalam manajemen pengawas Madrasah Aliyah Kabupaten Banjarnegara meliputi: 1) Pengawas menyusun rencana pengendalian manajemen setiap awal semester; 2) Pelaksanaan pengawasan administrasi dilakukan oleh pengawas sesuai rencana, meskipun tidak ada sumber keuangan; 3) Pengawas melakukan pengawasan, evaluasi, pelaporan dan dokumentasi dalam kegiatan pemantauan dan evaluasi pengawasan; dan 4) Pengawas memantau beberapa hasil pengawasan pengawasan, seperti: pengawasan berkelanjutan dan perencanaan pengawasan berikutnya. Terkait peningkatan profesionalisme kepala madrasah, peran Pokjawas Kabupaten Banjarnegara yaitu: 1) Adanya pelatihan vokasi yang ditujukan ke kepala madrasah; 2) Adanya kegiatan yang terjadwal, dari segi waktu dan jumlah yang mana masing-masing kegiatan disesuaikan dengan kompetensi yang akan ditingkatkan; 3) Adanya pembinaan serta pelatihan vokasi. KATA KUNCI: Pengawas; Madrasah; Kompetensi; Kepala Madrasah

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary
Depositing User: Slamet Wahyudi sdr
Date Deposited: 22 Dec 2023 01:41
Last Modified: 22 Dec 2023 01:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22696

Actions (login required)

View Item View Item