“STRATEGI MEMBANGUN MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH (Studi Kasus pada Guru Pendidikan Agama di SMA Se-Kabupaten Banyumas)”

Dudiyono, Dudiyono (2023) “STRATEGI MEMBANGUN MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH (Studi Kasus pada Guru Pendidikan Agama di SMA Se-Kabupaten Banyumas)”. Doctoral thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
1. Dudiyono_“STRATEGI MEMBANGUN MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH (Studi Kasus pada Guru Pendidikan Agama di SMA Se-Kabupaten Banyumas)”.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Framming moderasi beragama di dalam pelaksanaan UUD 1945 memegang peranan penting untuk mengelola kehidupan beragama pada masyarakat Indonesia yang majemuk. Membentuk karakteristik masyarakat yang toleran, moderasi beragama dan wacana pendidikan menjadi isu yang menarik. Pendidikan di sekolah sebagai miniatur kehidupan di masyarakat yang lebih luas menjadi tempat yang strategis untuk mendidik dan membangun sumber daya manusia yang berkualitas secara intelektual, emosional, sosial, dan spiritual. Penyadaran serta pengenalan keberagaman wajib dilakukan, memperkenalkan perbedaan dalam setiap kesempatan menjadi perihal yang baik dan paling utama di lingkungan sekolah. Budaya moderasi ini perlu dibiasakan serta diperkenalkan dengan metode melalui peranan strategis guru pendidikan agama sebagai teladan utama dalam membangun moderasi beragama di sekolah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) mengetahui pandangan moderasi beragama yang ada di SMA di wilayah Kabupaten Banyumas; 2) menemukan implementasi starategi integratif bagi guru Pendidikan Agama di SMA di wilayah Kabupaten Banyumas dalam membangun moderasi beragama di sekolah. Metode dalam penelitian ini kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru agama pada jenjang SMA di Kabupaten Banyumas baik di sekolah negeri maupun swasta. Hasil dalam penelitian ini yaitu melalui pendidikan agama di SMA yang ada di Kabupaten Banyumas, bimbingan akan pemahaman ajaran-ajaran agama dapat diyakini secara menyeluruh sebagai pandangan hidup yang harus dihargai, terlebih keberagamannya. Guru pendidikan agama pada umumnya memiliki tantangan atas usaha sadar dalam memberikan pemahaman yang baik kepada siswa berkaitan dengan ajaran agama misalnya ajaran Islam, baik selama proses pertumbuhan maupun dalam lingkup pendidikan. Beberapa program yang dilakukan yaitu: 1) Sekolah merumuskan visi dan misi beroerientasi moderasi beragama; 2) Optimalisasi habituasi dan budaya sekolah sebagai aktualisasi nilai-nilai karakter moderasi beragama; 3) Program fasilitasi dan penciptaan ruang interaksi dan dialog lintas budaya; dan 4) Program penguatan literasi moderasi beragama. Kata Kunci: Strategi; Moderasi Beragama; Sekolah; Guru

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary
Depositing User: Dudiyono Dudiyono sdr
Date Deposited: 22 Dec 2023 01:28
Last Modified: 22 Dec 2023 01:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22695

Actions (login required)

View Item View Item