IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DENGAN METODE KLASIKAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH KALAPASAWIT KECAMATAN LAKBOK KABUPATEN CIAMIS

Syifa, Wafirotul Khusna (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DENGAN METODE KLASIKAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH KALAPASAWIT KECAMATAN LAKBOK KABUPATEN CIAMIS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SYIFA WAFIROTUL KHUSNA_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DENGAN METODE KLASIKAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH KALAPASAWIT KECAMATAN LAKBOK KABUPATEN CIAMIS.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Implementasi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an adalah sebuah metode pembelajaran menghafal Al-Qur’an yang diterapkan didalam pendidikan. Pendidikan agama Islam yang diterapkan kepada anak-anak sangat penting untuk membentuk krakter keimanan generasi muda. Pembelajaran tahfidz merupakan elemen penting dalam pendidikan Islam. Pembelajaran tahfidz di MI Kalapasawit menggunakan metode klasikal yaitu setoran, murojaah, dan sima’an. Setiap jenjang kelas memiliki hafalan surah wajib yang berbeda karena disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model Miles dan Hubermen berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa implementasi pembelajaran tahfidz dengan metode klasikal di MI Kalapasawit Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis berhasil diterapkan di kelas VI. Keberhasilan ini dikarenakan beberapa faktor diantaranya kedisiplinan yang diterapkan selama pembelajaran tahfidz di kelas VI oleh pendidik dan peserta didik dengan melalui 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran, Tahfidz, Al-Qur'an
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.12 Ilmu Qiraat (termasuk macam qiraat dan tajwid)
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syifa Wafirotul Khusna sdri
Date Deposited: 19 Dec 2023 04:15
Last Modified: 19 Dec 2023 04:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22691

Actions (login required)

View Item View Item