ANALISIS STRATEGI BISNIS WARALABA DI SEKTOR UMKM DENGAN PENDEKATAN BISNIS MODEL CANVAS (BMC) DAN SWOT (STUDI KASUS WARTEG KHARISMA BAHARI KOTA TANGERANG)

Fachri Bagus, Ardiansyah (2023) ANALISIS STRATEGI BISNIS WARALABA DI SEKTOR UMKM DENGAN PENDEKATAN BISNIS MODEL CANVAS (BMC) DAN SWOT (STUDI KASUS WARTEG KHARISMA BAHARI KOTA TANGERANG). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fachri Bagus Ardiansyah_Analisis Strategi Bisnis Waralaba di Sektor UMKM dengan Pendekatan Bisnis Model Canvas (BMC) dan SWOT (Studi Kasus Warteg Kharisma Bahari Kota Tangerang).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bisnis waralaba adalah salah satu model bisnis di sektor UMKM yang saat ini sedang mengalami perkembangan cukup pesat di Indonesia. Salah satu bisnis waralaba yang sudah memiliki banyak outlet yaitu Warteg Kharisma Bahari. Semakin berkembangnya zaman akan semakin banyak hambatan yang muncul dan harus dihadapi dimasa yang akan datang oleh Warteg Kharisma Bahari. Hal tersebut mengharuskan Warteg Kharisma Bahari memiliki strategi bisnis untuk menghadapi hambatan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep waralaba yang digunakan Warteg Kharisma Bahari dan bagaimana strategi bisnis Warteg Kharisma Bahari dengan menggunakan analisis SWOT dan Bisnis Model Canvas (BMC). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer penelitian bersumber dari observasi dan wawancara dengan pihak manajemen, pengelola dan mitra atau pewaralaba. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif, Bisnis Model Canva (BMC) dan analisis SWOT. Uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsep yang digunakan Warteg Kharisma Bahari sesuai dengan jenis waralaba format bisnis dan juga sudah sesuai dengan akad musyarakah dengan system bagi hasil. Selanjutnya, hasil penelitian dengan BMC menunjukkan bahwa Warteg Kharisma Bahari sudah memenuhi 9 aspek BMC namun masih perlu dikembangkan untuk menunjang perkembangan bisnis yang signifikan. Dan hasil analisis SWOT di pada Warteg Kharisma Bahari terdapat 5 kekuatan, 4 kelemahan, 5 peluang dan 4 ancaman yang dikelompokkan ke dalam 4 strategi S-O, 3 strategi S-T, 4 strategi W-O dan 5 strategi W-T.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bisnis, Bisnis waralaba, Analisis SWOT, Bisnis Model Canvas (BMC), Warteg Kharisma Bahari Group
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fachri Bagus Ardiansyah sdr
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:17
Last Modified: 18 Dec 2023 07:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22688

Actions (login required)

View Item View Item