BIMBINGAN PERKAWINAN DALAM PROGRAM PUSAKA SAKINAH DI KUA KECAMATAN BANYUMAS TERHADAP UPAYA MENGURANGI ANGKA PERCERAIAN

Ilham, Monik Sugara (2023) BIMBINGAN PERKAWINAN DALAM PROGRAM PUSAKA SAKINAH DI KUA KECAMATAN BANYUMAS TERHADAP UPAYA MENGURANGI ANGKA PERCERAIAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ILHAM MONIK SUGARA_BIMBINGAN PERKAWINAN DALAM PROGRAM PUSAKA SAKINAH DI KUA KECAMATAN BANYUMAS TERHADAP UPAYA MENGURANGI ANGKA PERCERAIAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program pusaka sakinah dalam penerapannya terdapat bimbingan perkawinan berkelanjutan dalam penelitian ini bertujuan menganalisis dari bimbingan perkawinan yang termuat dalam program Pusaka Sakinah di KUA Kecamatan Banyumas dalam upaya mengurangi angka perceraian. Kemudian objek dari penelitian yaitu program pusaka sakinah dari keputusan Dirjen Bimas Islam Nomor 783 Tahun 2019 diantaranya bimbingan keuangan keluarga serta bimbingan relasi harmonis yang diterapkan di KUA Kecamatan Banyumas karena bagian dari KUA revitalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dari bimbingan perkawinan dalam program pusaka sakinah di KUA Kecamatan Banyumas. Jenis penelitian yang diterapkan yaitu penelitian lapangan serta menggunakan pendekatan yuridis empiris. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara serta dokumentasi, wawancara digunakan untuk mencari informasi dari program tersebut dengan mewawancarai empat orang diantaranya kepala KUA Kecamatan Banyumas, dua Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Banyumas serta dari pegawai staff KUA Kecamatan Banyumas. Hasil dari penelitian ini bahwa bimbingan perkawinan dalam program pusaka sakinah secara analisis dari bimbingan perkawinan dalam program pusaka sakinah di KUA Kecamatan Banyumas berlandaskan payung hukum Undang Undang Tahun 1974 keputusan Menteri Agama Nomor 3 Tahun 1999 tentang pembinaan keluarga sakinah, menjadikan pada keputusan Dirjen Bimas Islam Nomor 783 Tahun 2019 terkait pelaksanaan program pusaka sakinah atau pusat layanan keluarga sakinah tidak menyalaih aturan secara hukum yang diterapkan di KUA Kecamatan Banyumas, serta dalam teori konseling keluarga Islam yaitu berhasil sebagai sarana memperkuat relasi saling membantu antar anggota keluarga dan pencapaian keseimbangan hak kewajiban suami istri serta peningkatan manajemen pemikiran berlandaskan syariat Islam. Kata Kunci: Bimbingan Perkawinan, Pusaka Sakinah, Perceraian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Perkawinan, Pusaka Sakinah, Perceraian
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.33 Perceraian
2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.36 Hak dan Kewajiban Suami-Istri (Nafaqoh)
2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.38 Perbandingan Munakahat dengan Hkum Perkawinan LainAspek
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Ilham Monik Sugara sdr
Date Deposited: 18 Dec 2023 03:05
Last Modified: 18 Dec 2023 03:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22687

Actions (login required)

View Item View Item