Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Kenik Aljabar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII Di SMP Ma’arif NU 1 Cilongok

Kamila Aufa, Nida (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Kenik Aljabar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII Di SMP Ma’arif NU 1 Cilongok. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Kamila Aufa Nida_Efektivitas Model Pembelajaran Tipe NHT Berbantuan Media Kenik Aljabar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Materi SPLSV Kelas VII di SMP Ma'arif NU 1 Cilongok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di kelas VII SMP Ma’arif NU 1 Cilongok. Salah satu faktor penyebabnya yaitu penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Solusi yang dianggap mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah menerapkan pembelajaran dengan model kooperatif tipe Numbered Heads Together berbantuan media kenik aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dari penerapan model NHT berbantuan media kenik aljabar dan untuk mengetahui apakah terdapat efektivitas model NHT berbantuan media kenik aljabar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII SMP Ma’arif NU 1 Cilongok. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Ma’arif NU 1 Cilongok yang berjumlah 199 siswa, dengan sampel berjumlah 65 siswa, 32 siswa dari kelas VII C dan 33 siswa dari kelas VII E. Variabel penelitian ini yaitu model NHT berbantuan media kenik aljabar sebagai variabel bebas dan kemampuan berpikir kreatif matematis sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan uji-t, dengan prasyarat uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe NHT berbantuan media kenik aljabar dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Media Kenik Aljabar, Model NHT
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Kamila Aufa Nida sdri
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:20
Last Modified: 18 Dec 2023 07:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22684

Actions (login required)

View Item View Item