UPAYA GURU DALAM MENGATASI RENDAHNYA KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI MA'ARIF NU 1, GUMELAR KECAMATAN GUMELAR, KABUPATEN BANYUMAS

Jayit, Affifah (2023) UPAYA GURU DALAM MENGATASI RENDAHNYA KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI MA'ARIF NU 1, GUMELAR KECAMATAN GUMELAR, KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifudiin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Jayit Affifah_UPAYA GURU DALAM MENGATASI RENDAHNYA KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI MA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Konsentrasi belajar mutlak perlu dimiliki oleh setiap peserta didik dalam proses pembelajaran, hal ini karena tingkat konsentrasi yang baik memiliki dampak besar pada hasil dan tujuan dari proses pembelajaran tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyak peserta didik yang tidak berkonsentrasi saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasi rendahnya konsentrasi belajar peserta didik di MI Ma’arif NU 1 Gumelar, Kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik triangulasi (gabungan) yang analisis datanya bersifat induktif/kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer, dimana pengumpulan datanya dilakukan langsung ke lapangan oleh peneliti untuk melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pertama konsentrasi belajar dilihat dari perilaku informasi dan masalah kecepatan intelektual, perilaku efektif, perilaku psikomotorik, perilaku bahasa. Kedua faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar peserta didik ada dua yaitu faktor internal yang berasal dari dalam diri seseorang dan faktor eksternal yang berasal dari luar diri seseorang. Ketiga upaya guru meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik, menggunakan metode mengajar yang bervarias, pemberian ice breaking disela-sela pembelajaran, memberikan motivasi, dan mengecek kesiapan belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi Peserta didik, Upaya Guru
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Jayit Affifah sdri
Date Deposited: 18 Dec 2023 03:19
Last Modified: 18 Dec 2023 03:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22682

Actions (login required)

View Item View Item