IMPLEMENTASI KETERAMPILAN CRITICAL THINKING, CREATIVE, COMMUNICATION, COLLABORATIVE (4C) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMKS KERABAT KITA BUMIAYU BREBES

Naura, Adzkiatun Nisa (2023) IMPLEMENTASI KETERAMPILAN CRITICAL THINKING, CREATIVE, COMMUNICATION, COLLABORATIVE (4C) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMKS KERABAT KITA BUMIAYU BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Naura Adzkiatun Nisa_Implementasi Keterampilan Critical Thinking, Creative, Communication, Collaborative (4C) pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMKS Kerabat Kita Bumiayu Brebes.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri

Abstract

Keterampilan abad 21 merupakan serangkaian keterampilan atau kecakapan hidup yang perlu dimiliki oleh siswa di abad 21. Dari beberapa keterampilan abad 21, secara lebih mengerucut terdapat empat keterampilan utama yang diimplementasikan dalam kurikulum 2013. Keterampilan yang dimaksud adalah 4C, yang meliputi critical thinking, creative, communication, collaborative. Keterampilan 4C diintegrasikan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Berdasarkan observasi awal di SMKS Kerabat Kita Bumiayu diperoleh informasi bahwa guru PAI telah menerapkan keterampilan 4C dalam pembelajaran untuk mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi perkembangan abad 21 ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai implementasi keterampilan critical thinking, creative, communication, collaborative (4C) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMKS Kerabat Kita Bumiayu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi keterampilan critical thinking, creative, communication, collaborative (4C) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMKS Kerabat Kita Bumiayu melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan yang dilakukan oleh guru adalah membuat RPP yang didalamnya telah di diintegrasikan keterampilan 4C. Pelaksanaan pembelajaran PAI dalam menerapkan keterampilan 4C menggunakan model cooperative learning dan active learning dengan metode diskusi dan presentasi. Evaluasi yang dilakukan meliputi 3 aspek yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Keterampilan 4C, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Naura Adzkiatun Nisa sdri
Date Deposited: 13 Dec 2023 01:49
Last Modified: 13 Dec 2023 01:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22666

Actions (login required)

View Item View Item