PRAKTIK PENDIDIKAN 'UBUDIYAH DI MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA SANTRI MAJELIS TA'LIM FATHUL HUDA DATAR WARUNGPRING PEMALANG)

Zulfatul, Adawiyah (2023) PRAKTIK PENDIDIKAN 'UBUDIYAH DI MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA SANTRI MAJELIS TA'LIM FATHUL HUDA DATAR WARUNGPRING PEMALANG). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Zulfatul Adawiyah_Praktik Pendidikan 'Ubudiyah di Masyarakat (Studi Kasus pada S.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan ‘ubudiyah merupakan satu hal penting yang harus dipelajari dan diterapkan oleh setiap diri muslim. Terlebih bagi para santri sebagai pelajar di pendidikan berbasis nonformal yang tentunya mendapatkan pembelajaran ini. Karena dari pendidikan ‘ubudiyah ini mereka tidak hanya diajarkan tentang beribadah yang baik dan benar serta pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari, namun juga diajarkan bagaimana penerapannya di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses praktik pendidikan ‘ubudiyah di masyarakat yang diterapkan terhadap santri di Majelis Ta’lim Fathul Huda Datar Warungpring Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, untuk pengambilan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang sudah didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh data temuan bahwa: (1) Peneliti menemukan ada tiga macam jenis kegiatan praktik pendidikan ‘ubudiyah yang diterapkan pada santri Majelis Ta’lim Fathul Huda Datar, yaitu: khitobah, pelatihan qiroatul qur’an, dan maulid simtudduror; dari ketiga program kegiatan ‘ubudiyah tersebut kemudian diterapkan kepada masyarakat, yang digolongkan menjadi dua jenis, diantaranya: dilihat dari bentuk dan sifat dan dilihat dari bentuk pelaksanaannya; (2) Dari praktik pendidikan ‘ubudiyah ini memiliki banyak manfaat bagi para santri agar lebih memiliki kemampuan dan kepercayaan diri untuk berimplementasi dalam syiar Islam di tengah masyarakat; (3) Dalam pelaksanaannya, kegiatan praktik ‘ubudiyah di masyarakat yang diterapkan di Majelis Ta’lim Fathul Huda terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya antara lain: tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, adanya komitmen dari pendidik/ustadz dan santri itu sendiri, adanya dukungan dan penerimaan yang baik dari masyarakat, dan adanya rasa tanggung jawab dari santri. Sedangkan untuk faktor kendala yang masih perlu adanya perhatian lebih yaitu pada permasalahan santri yang masih kurang responsive dalam melaksanakan kegiatan dan keterbatsan tenaga pendidik di Majelis Ta’lim Fathul Huda Datar. Kata kunci: Praktik, Pendidikan ‘Ubudiyah, Masyarakat, Santri, Majelis Ta’lim ‘UBUDIYAH EDUCATIONAL PRACTICES IN THE COMMUNITY (Case Study On Sudents Of Majelis Ta’lim Fathul Huda Datar Warungpring Pemalang) ZULFATUL ADAWIYAH NIM. 1917402248 ABSTRACT ‘Ubudiyah education is an important thing that every Muslim must learn and apply. Especially for santri as students in non-formal based education who are of course given this learning. Because from this ‘ubudiyah education they are not only taught about good and correct worship and its practice in everyday life, but they are also taught how to apply it in society. The aim of this research is to find out how the process of ubudiyah education practices in the community is applied to students at the Majlis Ta’lim Fathul Huda Datar Warungpring Pemalang. This research uses field research methods with a descriptive qualitative approach, to collect data using observation, interview and documentation techniques. The data that has been obtained is then analyzed using data reduction techniques, data presentation, and drawing conclusions. Based on the results of the analysis, data were obtained that: (1) Researchers found that there were three types of ‘ubudiyah educational practice activities applied to the students of the Fathul Huda Ta’lim Council, namely: khitobah, qiroatul qur'an training, and birthday simtudduror; of the three ubudiyah activity programs are then applied to the community, which are classified into twotypes, including: seen from the form and nature and seen from the form of implementation;(2) The practice of ‘ubudiyah education has many benefits for students so that they have more ability and self-confidence to implement Islamic teachings in society; (3) In its implementation, the ubudiyah practice activities in the community implemented at the Fathul Huda Ta’lim Council contain several supporting and inhibiting factors. Supporting factors include: The availability of adequate facilities and infrastructure, commitment from educators/chaplains and the students themselves, good support and acceptance from the community, and a sense of responsibility from the students. Meanwhile, the obstacle factors that still need more attention are the problem of students who are still less responsive in carrying out activities and the limited number of teaching staff at the Fathul Huda Datar Ta’lim Council. Keywords: Practice, Ubudiyah Education, Community, Santri, Majlis Ta’lim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Praktik, Pendidikan ‘Ubudiyah, Masyarakat, Santri, Majelis Ta’lim.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulfatul Adawiyah sdr
Date Deposited: 11 Dec 2023 02:19
Last Modified: 11 Dec 2023 02:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22663

Actions (login required)

View Item View Item