UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN AKHLAK PADA PESERTA DIDIK DI MI MAUHIBUL ATHFAL PURBAYASA TONJONG KABUPATEN BREBES

Meilina, Fitaningsih (2023) UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN AKHLAK PADA PESERTA DIDIK DI MI MAUHIBUL ATHFAL PURBAYASA TONJONG KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
Meilina Fitaningsih_UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN AKHLAK PADA PESERTA DIDIK DI MI MAUHIBUL ATHFAL PURBAYASA TONJONG KABUPATEN BREBES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Akhlak dalam islam memiliki nilai baik dan buruk yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Dengan penanaman akhlak, manusia dapat memiliki bekal ilmu dan pengetahuan mengenai akhlak untuk pedoman dalam berperilaku dan berinteraksi dengan Allah SWT dan sesama manusia sehingga terbentuklah manusia yang berakhlak. MI Mauhibul Athfal Purbayasa Tonjong Kabupaten Brebes merupakan salah satu sekolah yang mengutamakan akhlak mulia terhadap siswanya. Hal ini dibuktikan dengan visi sekolah yaitu Tekun Beribadah, Berakhlakul Karimah , Terampil dan Unggul dalam Berprestasi. . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalammenanamkan akhlak pada siswa yang diterapkan. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai masukan baru kepada guru dalam menanamkan akhlak kepada siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan. Subjek pada penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru serta siswa di MI Mauhibul Athfal Purbayasa Tonjong Kabupaten Brebes Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang menurut Miles and Hubberman meliputi Data reduction (reduksi data), Data Display (penyajian data), dan Concluting Drawing (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Sedangkan uji keabsahan data menggunakan Triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam menanamkan akhlak pada siswa kelas rendah MI Mauhibul Athfal Purbayasa Tonjong Kabupaten Brebes melalui 5 hal yaitu keteladanan, pembiasaan, cerita, pujian, dan hukuman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akhlak, pendidikan
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Meilina Fitaningsih sdri
Date Deposited: 12 Dec 2023 01:57
Last Modified: 12 Dec 2023 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22659

Actions (login required)

View Item View Item