UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA KELAS INKLUSI DI MI MA'ARIF NU CIBEREM

Novita, Rofiqotus Sa'adah (2023) UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA KELAS INKLUSI DI MI MA'ARIF NU CIBEREM. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Novita Rofiqotus Sa'adah_Upaya Guru dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Bahasa Arab pada Kelas Inklusi di MI Ma'arif NU Ciberem.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Upaya guru dalam kegaiatan belajar mengajar merupakan suatu usaha yang dilakukan guru dalam rangka mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan melatih, menilai, mengevaluasi dan melakukan proses perpindahan ilmu pengetahuan dari sumber belajar ke peserta didik sesuai dengan kemampuan dan keprofesionalan yang dimiliki. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami keterbatasan baik fisik, mental, intelektual, sosial maupun emosional yang berpengaruh secara signifikan dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya. MI Ma’arif NU Ciberem merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Lembaga Ma’arif NU Kabupaten Banyumas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis anak berkebutuhan khusus di MI Ma’arif NU Ciberem, untuk menganalisis upaya guru dalam menumbuhkan motivasi belajar bahasa arab pada kelas inklusi di MI Ma’arif NU Ciberem, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaranBahasa Arab pada anak berkebutuhan khusus di MI Ma’arif NU Ciberem. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dalampengumpulan data. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, wali kelas 1dan 2, guru mata pelajaran Bahasa Arab dan siswa berkebutuhan khusus dan non berkebutuhan khusus. Hasil penelitian terhadap upaya guru dalam menumbuhkan motivasi belajar Bahasa Arab di MI Ma’arif NU Ciberem, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat anak berkebutuhan khusus di masing-masing kelasnya yaitu antara lain tunagrahita, hiperaktif, down syndrome, gangguan bicara, gangguan penglihatan, tunarungu, tunawicara, dan slow leraner. Upaya yang dilakukan dalam pembelajaran Bahasa Arab pada kelas inklusi yaitu pendekatan individual komunikasi dan interaksi langsung, pemberian pujian atau hadiah, penggunaan media gambar dan suara, penerapan program pembelajaran individu (PPI), dan mengadakan pertemuan orang tua murid. Kata kunci: Upaya Guru, Anak berkebutuhan khusus

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Anak berkebutuhan khusus
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Novita Rofiqotus Sa'adah sdri
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:29
Last Modified: 08 Dec 2023 07:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22655

Actions (login required)

View Item View Item